Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa Indonesia Juara di International RoboBoat Competition 2021

KOMPAS.com - Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di ajang International RoboBoat Competition (IRC) 2021 yang diselenggarakan secara daring di Florida, Amerika Serikat.

IRC merupakan ajang kompetisi tingkat internasional pada bidang kapal tak berawak (kapal robotika) dalam merancang perahu robotik otonom untuk bernavigasi.

Kompetisi ini dilaksanakan setiap tahun dengan diikuti beberapa tim dari berbagai negara dan tahun 2021 diikuti oleh 14 peserta dari enam negara.

Dari tiga kategori lomba, kontingen Indonesia yang diwakili Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih sejumlah kemenangan.

Tim Barunastra dari ITS berhasil meraih Juara 1 untuk kategori Website, Juara 1 kategori Skill Video (Hull Design) dan Juara 2 kategori Technical Design Report.

Selanjutnya, tim Bengawan UV dari UNS berhasil meraih Juara 2 untuk kategori Skill Video dan Juara 2 kategori Skill Video (Sensor Optimization).

Sedangkan tim AMV UI dari UI berhasil meraih Juara 2 untuk kategori Skill Video (Sensor Optimization).

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengatakan dalam menciptakan talenta-talenta muda yang unggul untuk Indonesia hebat, pemerintah terus mendorong generasi muda untuk terus berinovasi dan menghasilkan karya-karya yang kreatif pada bidang yang relevan dengan perkembangan industri saat ini.

“Semangat kita bersama dan keterlibatan ekosistemlah yang bisa menyemangati talenta-talenta muda untuk memberikan pengalaman sekaligus menambah kemampuan serta pengetahuan mereka agar generasi muda terbaik kita dapat berkompetisi pada level yang lebih tinggi,” ujar Asep Sukmayadi seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek, Jumat (2/7/2021).

Pada ajang IRC tahun 2021, ada tiga kategori utama yang menjadi penilaian dewan juri di antaranya Technical Design Report, Skill Video, dan Website.

Kategori skill video menjelaskan teknis melalui video yang menggambarkan atau menjelaskan bagaimana cara tim membangun sebuah wahana kapal tanpa awak yang berjalan secara otonom.

Sementara itu, kategori Technical Design Report menjelaskan teknis secara tulisan dalam bentuk naskah yang di dalamnya menjelaskan strategi tim membangun wahana untuk menyelesaikan misi dengan baik.

Sedangkan kategori Website ditujukan untuk informasi mengenai tim dan laporan progres ketika tim membangun sebuah wahana mulai dari tahap perancangan hingga pengujian, baik yang secara langsung di atas air maupun hanya menggunakan perangkat lunak.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/07/02/201519871/mahasiswa-indonesia-juara-di-international-roboboat-competition-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke