Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuliah Gratis di Universitas Pertamina Melalui Beasiswa Aperti BUMN

KOMPAS.com - Lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada program beasiswa sangat menarik bagi kamu.

Melalui program Beasiswa Aperti BUMN (Aliansi Perguruan Tinggi), kamu bisa mengenyam pendidikan di sejumlah universitas bonafit di Indonesia.

Sejumlah perguruan tinggi yang tergabung dalam Aperti BUMN yaitu Universitas Pertamina (UP), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Telkom University (TEL-U).

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Poltek POS, Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute), dan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS).

Dilansir dari laman aperti.universitaspertamina.ac.id, program ini membuka kesempatan bagi 40 lulusan SMA/sederajat berprestasi untuk dapat melanjutkan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi anggota Aperti BUMN.

Masing-masing perguruan tinggi memberikan kuota beasiswa Aperti BUMN bagi 5 calon mahasiswa berprestasi yang akan mendapatkan beasiswa penuh hingga lulus. 

Beasiswa yang diberikan sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku mengikuti kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Syarat pendaftaran Beasiswa Aperti BUMN UP

1. Siswa SMA/SMK/MA.

2. Lulusan Tahun 2020 dan 2021.

3. Memiliki nilai rapor semester 1 hingga 5.

4. Peserta dapat memilih 4 program studi yang ada di Universitas Pertamina.

5. Berkas Pendaftaran di unggah secara online.

6. Seluruh proses seleksi dilakukan secara online.

7. Peserta tidak menderita buta warna untuk beberapa program studi yang mempersyaratkan bebas buta warna.

Jadwal seleksi Beasiswa Aperti BUMN

Rangkaian proses seleksi Beasiswa Aperti BUMN Universitas Pertamina tahun 2021 adalah sebagai berikut:

Jika kamu tertarik mengikuti program Beasiswa Aperti BUMN, tak perlu khawatir karena pendaftaran jalur Beasiswa Aperti BUMN tahun 2021 gratis, tidak dikenai biaya apapun.

Calon penerima beasiswa yang dinyatakan dinyatakan lulus pada seleksi Beasiswa Aperti BUMN di Universitas Pertamina tahun 2021 akan dibebaskan biaya pendidikan selama masa studi sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Calon penerima beasiswa Aperti BUMN, Universitas Pertamina tidak menyediakan asrama bagi mahasiswa penerima beasiswa Aperti BUMN.

Selain penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Beasiswa Aperti BUMN, Universitas Pertamina membuka seleksi mahasiswa baru jalur regular melalui Seleksi Nilai Rapor, Ujian Masuk (Tes Tertulis), dan Seleksi Nilai UTBK.

Informasi mengenai seleksi mahasiswa baru Universitas Pertamina dan Beasiswa lainnya dapat diakses pada laman Pendaftaran Universitas Pertamina.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/17/065000471/kuliah-gratis-di-universitas-pertamina-melalui-beasiswa-aperti-bumn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke