Kompas.com - 23/01/2022, 07:18 WIB

KOMPAS.com - Lee Zii Jia dihukum dua tahun larangan bertanding oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) karena keluar dari pelatnas. Namun, dia masih memiliki kesempatan untuk bebas dari sanksi.

Dalam beberapa hari terakhir, nama Lee Zii Jia begitu banyak dibicarakan. Kali ini, bukan karena prestasinya, melainkan perseteruanya dengan BAM.

Tunggal putra ranking tujuh dunia itu diketahui memutuskan keluar dari timnas bulu tangkis Malaysia untuk menjadi pemain independen.

Berhasil. Permintaan Lee Zii Jia dikabulan oleh BAM, tetapi induk bulu tangkis Malaysia itu terkesan setengah hati melepas juara All England 2021 tersebut.

Sebab, BAM malah menghukum Lee Zii Jia berupa larangan bertanding dalam turnamen BWF dalam waktu tertentu. Simak ceritanya di bawah ini:

Baca juga: Solidaritas untuk Lee Zii Jia, Dunia Bersatu Menentang BAM

1. Lee Zii Jia resmi keluar dari pelatnas Malaysia

Lee Zii Jia sudah mengirim surat pengunduran diri ke BAM pada 11 Januari 2021, tetapi baru "dikabulkan" 10 hari kemudian.

BAM secara resmi mengumumkan bahwa Lee Zii Jia sudah bukan menjadi bagian timnas badminton Malaysia pada Jumat (21/1/2022) lewat sebuah konferensi pers.

Presiden BAM Tan Sri Mohamad Norza Zakaria dan Sekretaris Jenderal Kenny Goh, yang juga chairman pelatih, sebelumnya sudah melakukan rangkaian diskusi dengan Lee Zii Jia.

Mereka berusaha meyakinkan agar tunggal putra nomor satu Malaysia tersebut bertahan. Nyatanya, Lee Zii Jia bergeming dan tetap pada keputusannya. 

"Setelah itu, kami membawa persoalan ini dalam rapat dewan karena Zii Jia merupakan aset utama kami. Sejujurnya, kami tidak ingin dia pergi," ujar Mohamad Norza, dikutip dari kantor berita Malaysia, Bernama.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.