Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Zii Jia Kena Hukuman 2 Tahun dari BAM, Menpora Malaysia Turun Tangan

Kompas.com - 22/01/2022, 07:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra terbaik Malaysia, Lee Zii Jia, mendapat hukuman dua tahun dari BAM (Federasi Bulu Tangkis Malaysia) menyusul keputusannya mundur dari tim nasional dan memilih menjadi pemain profesional.

Situasi ini membuat Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu, turun tangan dengan berniat mempertemukan kedua belah pihak, baik Lee Zii Jia maupun BAM.

Persoalan antara Lee Zii Jia dan BAM terjadi setelah sang pebulu tangkis mengajukan surat pengunduran diri pada 11 Januari lalu.

Setelah itu, BAM yang sempat mengadakan rapat dewan, membuat pengumuman resmi terkait pengunduran diri Lee Zii Jia pada Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Profil Lee Zii Jia: Anak Didik Pelatih Indonesia yang Memutuskan Keluar dari BAM

Namun, di samping itu, BAM juga memberikan hukuman berupa larangan bertanding selama dua tahun di seluruh turnamen BWF kepada Lee Zii Jia.

Berdasarkan pengumuman BAM, hukuman tersebut akan berlaku hingga 18 Januari 2024.

"BAM telah mencapai keputusan untuk tidak mendaftarkannya ke turnamen apa pun untuk periode hingga 18 Januari 2024," kata Wakil Presiden BAM Jaharbedeen Mohd Yunoos, dikutip dari Media Malaysia, The Star.

Keputusan BAM yang memberikan hukuman kepada Lee Zii Jia menuai respons dari sejumlah pihak, termasuk tunggal putra terbaik dunia, Viktor Axelsen.

Baca juga: Viktor Axelsen Ikut Komentari Keputusan Lee Zii Jia Keluar dari BAM

Melalui unggahan di akun Twitter pribadinya, Viktor Axelsen tampak tak sepakat dengan keputusan BAM.

Sementara itu, hukuman terhadap Lee Zii Jia juga memancing tindakan serius dari Menpora Malaysia, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu.

Menurut Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu, kedua belah pihak, baik Lee Zii Jia maupun BAM, harus berusaha keras untuk mencari solusi dari masalah yang ada.

Oleh karena itu, sebagai langkah terdekat, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu akan menggelar pertemuan antara Lee Zii Jia dan BAM.

"BAM dan Lee Zii Jia harus berusaha keras mencari solusi untuk masalah ini. Saya akan bertemu dengan kedua belah pihak dalam waktu dekat," kata Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu, dikutip dari Berita Harian Malaysia.

Baca juga: Saran Lee Chong Wei Buat Lee Zii Jia Yakin Keluar dari BAM

Lebih lanjut, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu berharap agar kedua belah pihak dapat mencari solusi yang bijak, dengan tetap mengedepankan kepentingan nasional.

"Jika kepentingan nasional diprioritaskan, tentu ada solusinya. Menurut saya, masalah antara BAM dan Lee Zii Jia bukanlah sesuatu yang diinginkan oleh masyarakat dan para penggemar bulu tangkis saat ini," ujar Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu.

Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu juga menegaskan bahwa setiap keputusan yang diambil tidak boleh mengorbankan atlet dan posisi Malaysia di pentas bulu tangkis internasional.

"Kami tidak boleh mempertaruhkan masa depan para pemain dan posisi Malaysia di pentas bulu tangkis internasional," tutur Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu menegaskan.

Baca juga: Disinyalir Keluar dari BAM karena Uang, Lee Zii Jia Membantah

Saat ini, Lee Zii Jia masih menjadi tunggal putra terbaik yang dimiliki Malaysia. Dia menempati peringkat ketujuh dunia.

Lee Zii Jia kali terakhir meraih gelar individu ketika tampil pada turnamen bersejarah, All England, edisi 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com