Medali Emas Olimpiade Rio 2016, Puncak Prestasi Tontowi Ahmad

Kompas.com - 18/05/2020, 15:30 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir melakukan tradisi gigit medali emas. Mereka adalah peraih medali emas pertama untuk Indonesia pada Olimpiade 2016. AFP PHOTO / GOH CHAI HINPasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir melakukan tradisi gigit medali emas. Mereka adalah peraih medali emas pertama untuk Indonesia pada Olimpiade 2016.

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBSI, Ahmad Budiharto, menilai prestasi terbaik Tontowi Ahmad selama menjadi pebulu tangkis adalah meraih medali emas Olimpiade Rio 2016 bersama Liliyana Natsir.

Tontowi Ahmad mengumumkan keputusan pensiun sebagai pebulu tangkis profesional di akun Instagram pribadi, Senin (18/5/2020) pagi WIB.

Pada hari yang sama, Tontowi Ahmad juga telah menyerahkan surat pengunduran dari pelatnas sekaligus mengucapkan terima kasih kepada PBSI.

Ahmad Budiharto mewakili PBSI mengaku menghormati keputusan Tontowi Ahmad yang mundur dari pelatnas dan pensiun.

Mengenang karier Tontowi, Ahmad Budiharto tidak pernah lupa dengan medali emas Olimpiade Rio 2020.

Baca juga: Cerita Richard Mainaky yang Diragukan Bisa Bikin Tontowi Ahmad Jadi Pebulu Tangkis Dunia

Ahmad Budiharto menilai, medali emas itu sangat spesial karena menjadi bagian dari sejarah panjang bulu tangkis Indonesia di Olimpiade.

"Tradisi emas Indonesia sempat terhenti pada Olimpiade London 2012. Tontowi dan Liliyana kemudian berhasil mempersembahkan emas pada Olimpiade Rio 2016," kata Ahmad Budiharto dikutip dari situs PBSI.

"Puncak prestasi Tontowi adalah Olimpiade Rio 2016. Itu adalah jasa yag sangat dihargai oleh PBSI dan bangsa Indonesia," tutur Ahmad Budiharto.

"PBSI mengucapkan terima kasih kepada Tontowi yang sudah berjuang dan memberi kontribusi dengan membawa banyak gelar juara dan mengharumkan bangsa Indonesia," kata Ahmad Budiharto.

Setelah Olimpiade Rio 2016, penampilan Tontowi/Liliyana sempat mengalami penurunan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber PBSI
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X