Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tontowi Ahmad Pensiun, Harapan Estafet Prestasi di Pundak Pemain Muda

Kompas.com - 18/05/2020, 13:40 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih bulu tangkis, Richard Mainaky, mengungkap harapannya untuk sektor ganda campuran Indonesia seusai ditinggal pensiun beberapa atlet senior, termasuk Tontowi Ahmad.

Rencana untuk mengakhiri karier profesional bulu tangkis memang sudah disampaikan oleh Tontowi kepada Richard Mainaky pada bulan Februari lalu.

Perihal alasannya, Richard menilai Tontowi Ahmad merasa sudah cukup berkarier di dunia bulu tangkis dengan serangkaian gelar juara yang telah diraihnya.

Faktor usia dianggap Richard juga sebagai alasan di balik keputusan Tontowi tersebut.

Baca juga: Cerita Richard Mainaky yang Diragukan Bisa Bikin Tontowi Ahmad Jadi Pebulu Tangkis Dunia

"Kami sudah mencoba (memasangkan) Tontowi dengan Winny dan Apriyani. Namun, saya punya pandangan mungkin dia merasa sudah cukup untuk berkarier di bulu tangkis," kata Richard Mainaky saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/5/2020).

"Saya lihat dia harus bekerja lebih keras lagi saat dipasangkan dengan pemain muda. Dilihat dari faktor usia dan sudah berkeluarga, saya pikir agak tidak mungkin untuk bisa latihan seperti dulu (untuk mengimbangi yang muda)," ujarnya.

Sebelum Tontowi Ahmad, sektor ganda campuran Indonesia juga telah kehilangan sosok Liliyana Natsir dan Debby Susanto yang lebih dulu memutuskan pensiun.

Meski demikian, Richard berharap para pemain muda bisa menjadikan pencapaian seniornya untuk berlatih lebih keras dan meneruskan tongkat estafet prestasi.

Baca juga: Tontowi Ahmad Pensiun, Prestasi dari Juara Dunia hingga Emas Olimpiade

"Harapan saya semoga ganda campuran tetap jaya dan bisa meneruskan prestasi-prestasi seniornya," tutur pelatih berusia 55 tahun ini.

"Kami sudah siapkan Praveen/Melati, Hafiz/Gloria, dan pemain muda lainnya. Mereka semua sudah siap dan satu suara untuk bisa berprestasi," ujarnya melanjutkan.

Richard Mainaky tak lupa juga berharap agar Tontowi Ahmad bisa meraih kesuksesan meski sudah tidak lagi menjadi pebulu tangkis.

"Saya kasih dukungan untuk dia, berharap semoga Tontowi bisa meraih kesuksesan di bidang lain, seperti yang dia capai ketika bermain bulu tangkis," ucapnya.

Baca juga: Tontowi Ahmad Pensiun, Tagar #TerimaKasihOwi Trending 1 Twitter

Tontowi Ahmad secara resmi mengumumkan gantung raket melalui akun Instagram pribadinya pada Senin (18/5/2020) pagi WIB.

Dia pensiun dengan meninggalkan banyak prestasi untuk Indonesia, salah satunya medali emas Olimpiade Rio 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com