Cerita Richard Mainaky yang Diragukan Bisa Bikin Tontowi Ahmad Jadi Pebulu Tangkis Dunia

Kompas.com - 18/05/2020, 11:30 WIB
Pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky (tengah), memberikan instruksi pada pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad (kanan)/Liliyana Natsir, saat pertandingan pada BWF World Championships 2013 di Guangzhou, China. badmintonindonesia.orgPelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky (tengah), memberikan instruksi pada pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad (kanan)/Liliyana Natsir, saat pertandingan pada BWF World Championships 2013 di Guangzhou, China.


KOMPAS.com - Kepala pelatih ganda campuran PBSI, Richard Mainaky, menceritakan awal mula melatih Tontowi Ahmad.

Tontowi Ahmad baru saja resmi mengumumkan pensiun dari arena bulu tangkis. Kabar itu diungkapkan langsung oleh Tontowi Ahmad lewat akun Instagram pribadinya pada Senin (18/5/2020) pagi WIB.

Pensiunnya Tontowi Ahmad meninggalkan sejarah bagi bulu tangkis Indonesia dengan serangkaian prestasi yang ia raih selama lebih dari 10 tahun kariernya.

Kariernya tambah gemilang kala ia mencetak hattrick All England, juara dunia dua kali, dan meraih medali emas Olimpiade Rio 2016.

Baca juga: Tontowi Ahmad Pensiun, Prestasi dari Juara Dunia hingga Emas Olimpiade

Namun, Tontowi Ahmad tidak serta-merta jago beradu kok di lapangan bulu tangkis.

Tontowi Ahmad bahkan mulanya tidak begitu memiliki kekuatan kaki atau footwork yang ideal sebagaimana mestinya seorang atlet bulu tangkis.

Hal itu diungkapkan oleh kepala pelatih ganda campuran, Richard Mainaky.

Kepada Kompas.com, Richard mengatakan bahkan sampai diragukan saat memutuskan mendatangkan Tontowi ke pelatnas pada tahun 2007.

"Dia itu kelemahannya hanya satu, yaitu kekuatan kakinya. Saat saya datangkan dia pertama kali, kakinya sangat lemah," kata Richard Mainaky saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/5/2020).

"Waktu itu orang-orang nanya apa mata saya tidak salah lihat bawa Owi (sapaan akrab Tontowi) ke pelatnas. Namun, saya punya keyakinan bahwa pilihan saya tidak salah," katanya.

Baca juga: Tontowi Ahmad Pensiun dan Pamit dari Bulu Tangkis

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X