Tontowi Ahmad Pensiun, Harapan Estafet Prestasi di Pundak Pemain Muda

Kompas.com - 18/05/2020, 13:40 WIB
Pemain ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir bertanding melawan ganda campuran ganda campuran China, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong pada pertandingan final Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1/2019). Zheng dan Huang juara ganda camp[uran setelah menang dengan skor 19-21, 21-19 dan 21-16. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPemain ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir bertanding melawan ganda campuran ganda campuran China, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong pada pertandingan final Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1/2019). Zheng dan Huang juara ganda camp[uran setelah menang dengan skor 19-21, 21-19 dan 21-16.

KOMPAS.com - Pelatih bulu tangkis, Richard Mainaky, mengungkap harapannya untuk sektor ganda campuran Indonesia seusai ditinggal pensiun beberapa atlet senior, termasuk Tontowi Ahmad.

Rencana untuk mengakhiri karier profesional bulu tangkis memang sudah disampaikan oleh Tontowi kepada Richard Mainaky pada bulan Februari lalu.

Perihal alasannya, Richard menilai Tontowi Ahmad merasa sudah cukup berkarier di dunia bulu tangkis dengan serangkaian gelar juara yang telah diraihnya.

Faktor usia dianggap Richard juga sebagai alasan di balik keputusan Tontowi tersebut.

Baca juga: Cerita Richard Mainaky yang Diragukan Bisa Bikin Tontowi Ahmad Jadi Pebulu Tangkis Dunia

"Kami sudah mencoba (memasangkan) Tontowi dengan Winny dan Apriyani. Namun, saya punya pandangan mungkin dia merasa sudah cukup untuk berkarier di bulu tangkis," kata Richard Mainaky saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/5/2020).

"Saya lihat dia harus bekerja lebih keras lagi saat dipasangkan dengan pemain muda. Dilihat dari faktor usia dan sudah berkeluarga, saya pikir agak tidak mungkin untuk bisa latihan seperti dulu (untuk mengimbangi yang muda)," ujarnya.

Sebelum Tontowi Ahmad, sektor ganda campuran Indonesia juga telah kehilangan sosok Liliyana Natsir dan Debby Susanto yang lebih dulu memutuskan pensiun.

Meski demikian, Richard berharap para pemain muda bisa menjadikan pencapaian seniornya untuk berlatih lebih keras dan meneruskan tongkat estafet prestasi.

Baca juga: Tontowi Ahmad Pensiun, Prestasi dari Juara Dunia hingga Emas Olimpiade

"Harapan saya semoga ganda campuran tetap jaya dan bisa meneruskan prestasi-prestasi seniornya," tutur pelatih berusia 55 tahun ini.

"Kami sudah siapkan Praveen/Melati, Hafiz/Gloria, dan pemain muda lainnya. Mereka semua sudah siap dan satu suara untuk bisa berprestasi," ujarnya melanjutkan.

Richard Mainaky tak lupa juga berharap agar Tontowi Ahmad bisa meraih kesuksesan meski sudah tidak lagi menjadi pebulu tangkis.

"Saya kasih dukungan untuk dia, berharap semoga Tontowi bisa meraih kesuksesan di bidang lain, seperti yang dia capai ketika bermain bulu tangkis," ucapnya.

Baca juga: Tontowi Ahmad Pensiun, Tagar #TerimaKasihOwi Trending 1 Twitter

Tontowi Ahmad secara resmi mengumumkan gantung raket melalui akun Instagram pribadinya pada Senin (18/5/2020) pagi WIB.

Dia pensiun dengan meninggalkan banyak prestasi untuk Indonesia, salah satunya medali emas Olimpiade Rio 2016.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X