Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya di Indonesia, Ini Deretan Negara yang Memiliki Tradisi Mudik

Kompas.com - 30/04/2022, 09:30 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia tidak lepas dengan tradisi mudik. Mudik merupakan perjalanan pulang ke kampung halaman yang biasanya dilakukan menjelang Lebaran.

Di tahun ini, Pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik meski pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai. Pada 2020 dan 2021, pemerintah melarang perjalanan mudik Lebaran lantaran masih tingginya angka penularan Covid-19.

Mengutip Kompas.com (6/6/2018), istilah mudik mulai populer di Indonesia pada tahun 1970-an.

Baca juga: Tradisi Mudik di Berbagai Belahan Dunia, Termasuk Korea

 

Meski begitu menurut Dosen Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Silverio Raden Lilik Aji Sampurno mengungkapkan, mudik sudah ada sejak zaman Majapahit dan Mataram Islam.

"Awalnya, mudik tidak diketahui kapan. Tetapi ada yang menyebutkan sejak zaman Majapahit dan Mataram Islam, " Silverio

Dalam perkembangannya mudik seolah sudah menjadi tradisi ketika perayaan Lebaran di Indonesia. Mudik Lebaran menjadi momentum bagi para perantau untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul kembali bersama keluarga dan sanak saudara.

Tradisi mudik di dunia

Meski identik dengan Lebaran di Indonesia, ternyata aktivitas mudik juga dikenal di beberapa negara lain namun dengan penyebutan yang berbeda. Berikut adalah negara-negara yang memiliki tradisi mudik atau pulang kampung.

1. Malaysia

Malaysia merupakan negara yang secara kultur mirip dengan Indonesia. Seperti halnya Indonesia, ketika menjelang Idul Fitri dikenal juga tradisi pulang kampung. Namun istilah yang digunakan di sana bukanlah mudik melainkan Balik Kampung.

Baca juga: Kisah Menarik di Balik Sejarah Mudik...

2. Turki

Turki merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Menjelang Idul Hari Raya Fitri, masyarakat Turki juga melakukan tradisi mudik yang disebut Seker Bayram.

Selain itu, tradisi yang tak kalah unik ketika Hari Raya Idul Fitri di Turki adalah mengantarkan manisan pada tetangga.

3. China

Di China terdapat juga tradisi mudik atau pulang kampung. Tradisi pulang kampung di China biasanya dilakukan saat perayaan Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China.

Di saat itulah banyak warga China yang perantau pulang ke kampung halaman. Mereka yang merantau memanfaatkan Hari Raya Imlek sebagai waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Kegiatan yang dilakukan biasanya makan bersama, membakar kembang api, dan tak lupa, bagi-bagi angpau.

Baca juga: Sejarah Mudik di Indonesia, Siswa Sudah Paham?

4. Korea Selatan

Ilustrasi perayaan Chuseok, momen berbagi dengan anggota keluarga besar yang kurang beruntung.Dok. Shutterstock Ilustrasi perayaan Chuseok, momen berbagi dengan anggota keluarga besar yang kurang beruntung.

Tradisi mudik Korea Selatan dilakukan pada saat perayaan Chuseok. Chuseok merupakan festival musim panas Hangawi yang digelar di tengah musim gugur.

Saat Chuseok, orang Korea biasanya melakukan ritual Charye dan Seongmyo. Mereka juga menghabiskan waktu bersama keluarga.

(Sumber:Kompas.com/Tito Hilmawan Reditya | Editor: Tito Hilmawan Reditya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com