Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Perlu Bahan Kimia, Racun Tikus Bisa Dibuat dari Bumbu Dapur

Kompas.com - 26/03/2022, 23:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Tikus yang kerap berseliweran di dalam rumah merupakan masalah yang dialami banyak orang. Sebab, selain mengganggu, hama yang satu ini juga bisa merusak benda-benda di rumah.

Bukan itu saja, tikus bahkan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan dengan membawa bibit penyakit, di antaranya leptospirosis atau penyakit pes.

Untuk mengatasi masalah ini, sebagian orang memilih menggunakan racun tikus. Namun penggunaan racun tikus memiliki risiko karena mengandung bahan kimia berbahaya. Terlebih bila digunakan di rumah yang memiliki anak-anak dan hewan peliharaan.

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus dengan Bahan Alami

Karena itu, agar lebih aman Anda bisa meracik racun untuk tikus dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Seperti diberitakan Kompas.com yang mengutip kanal YouTube Kebun Indra Tarigan, Sabtu (19/3/2022), terdapat beberapa bahan alami untuk membuat racun tikus sendiri, di antaranya terdiri dari bumbu dapur seperti kemiri dan terasi.

Selain kedua bumbu dapur di atas, dibutuhkan bahan lainnya untuk membuat racun tikus alami yakni umbi gadung. Hal itu karena umbi gadung memiliki kandungan zat seperti sianida.

Tak perlu bingung mencarinya, sebab umbi gadung bisa dibeli di situs belanja online atau di pasar tradisional.

Ilustrasi terasi udang.shutterstock.com/Harismoyo Ilustrasi terasi udang.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat racun tikus:

  • Setengah kilogram umbi gadung yang telah diparut
  • 3-5 butir kemiri yang sudah dibakar, agar aroma wanginya menjadi lebih kuat
  • 1-2 terasi yang sudah dibakar
  • 3 gelas dedak padi atau jagung atau tepung beras.

Baca juga: Cara Mudah Cegah Tikus Gigit Kabel Kelistrikan Motor

Cara membuat racun tikus alami

Setelah mengumpulkan bahan-bahan di atas, langkah selanjutnya adalah meraciknya. Namun, sebelum mulai meracik, disarankan untuk menggunakan sarung tangan.

Hal ini dilakukan agar bau manusia tidak masuk ke dalam campuran racun tersebut yang membuat tikus mengetahui dan tidak tertarik lagi.

  1. Langkah pertama adalah menghaluskan kemiri dan terasi yang telah dibakar. Bisa dengan menggunakan ulekan.
  2. Selanjutnya campurkan kemiri dan terasi yang sudah dihaluskan dengan umbi gadung yang telah diparut.
  3. Setelah tercampur semua, masukkan tiga gelas dedak padi atau jagung atau jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan tepung beras.
  4. Aduk hingga menjadi adonan.
  5. Ketika campuran sudah menjadi adonan, letakkan di nampan yang lebar agar bisa dibentuk, lalu ratakan adonan dan jemur hingga mengering.
  6. Setelah mengering, potong-potong adonan dengan ukuran 1x1cm atau 2 x 2 cm, lalu letakkan di kebun, dapur, dan tempat yang sering dilalui oleh tikus.

Baca juga: 10 Cara Ampuh dan Mudah Basmi Kecoak dan Tikus di Rumah

Racun tikus alami ini akan membuat tikus tidak berselera makan sehingga mereka akan menjauh dari tempat yang diletakkan racun tersebut.

Selain itu, racun tikus organik ini biasanya bisa membuat tikus menjadi tidak bisa berproduksi lagi sehingga bisa mengurangi populasi tikus, ketimbang menggunakan racun tikus biasa.

(Sumber:Kompas.com/Aniza Pratiwi | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com