Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Negara Tutup Pintu Kedatangan dari Afrika, Cegah Masuknya Covid-19 Varian Omicron

Kompas.com - 28/11/2021, 10:50 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kemunculan varian baru Covid-19 yang disebut Omicron memicu kepanikan dunia. Varian omicron yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan itu bahkan disebut 500 kali lebih menular ketimbang Covid-19 biasa.

Hal itu disampaikan oleh Eidemiolog dari Griffifth University Australia, Dicky Budiman, kepada Kompas.com, Sabtu (27/11/2021).

Menurut Budiman, jika diibaratkan varian Delta yang tingkat penularannya 100 persen, maka Omicron bisa sampai 500 persen, atau 5 kali kecepat penularannya.

Baca juga: Varian Baru B.1.1.529 Omicron 500 Persen Lebih Menular dari Virus Aslinya

"Ini kemungkinannya (varian baru) Imocron bisa sampai 500 persen atau 5 kalinya kecepatan penularannya," kata Dicky.

Melihat potensi menularnya yang tinggi, sejumlah negara terutama di Eropa telah mengambil langkah pencegahan.

Upaya yang dilakukan yakni menutup pintu kedatangan dari Afrika maupun negara-negara yang telah melaporkan adanya infeksi virus corona varian Omicron.

Sejauh ini Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi di Afrika Selatan, Botswana, Hong Kong, dan Israel. Menyusul Inggris, Jerman, dan Italia, telah melaporkan temuan kasus varian Omicron di negaranya, pada Sabtu (27/11/2021).

Dirangkum dari AFP via Kompas.com, Sabtu (27/11/2021), berikut ini adalah 12 negara yang telah menutup penerbangan dari Afrika.

1. Inggris

Inggris menjadi negara pertama yang menutup pintu kedatangan dari Afrika, terutama enam negara di Afrika bagian selatan.

"Indikasi awal yang kami miliki tentang varian ini mungkin lebih menular daripada varian Delta, dan vaksin yang kami miliki saat ini mungkin kurang efektif untuk melawannya," kata Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid.

Sebagai tindakan pencegahan, Inggris menangguhkan semua penerbangan dari Afrika Selatan, Namibia, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe, dan Botswana mulai pukul 12.00 GMT hari Jumat (26/11/2021).

2. Australia

Selanjutnya ada Australia. Negeri “Kanguru” ini telah melarang penerbangan dari sembilan negara di selatan Afrika, per Sabtu (27/11/2021).

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan, larangan berlaku bagi warga non-Australia yang mengunjungi Afrika Selatan, Zimbabwe, dan beberapa negara lain dalam dua minggu terakhir.

Adapun warga negara dan penduduk Australia yang bepergian dari negara-negara yang berada di daftar itu harus dikarantina selama 14 hari.

Baca juga: Covid-19 Varian Omicron, Daftar 12 Negara yang Tutup Kedatangan dari Afrika

3. Amerika Serikat (AS)

AS pada Jumat (26/11/2021) melarang kedatangan dari delapan negara di selatan Afrika yakni Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com