Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meninggal Dunia, Ini Profil Pembawa Acara Hilbram Dunar

Kompas.com - 31/03/2024, 14:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembawa acara Hilbram Dunar meninggal dunia pada Minggu (31/3/2024) pukul 00.49 WIB.

Hilbram Dunar meninggal di usia 48 tahun saat tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit EMC Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Kabar duka tersebut diumumkan anaknya, Virpia Dunar melalui unggahan akun Instagram-nya.

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu. Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Hilbram Dunar suami dari Denny Lusiana Agustin, ayah dari Ranu Ragusti Dunar dan Virpia Puteri Dunar," tulis Virpia Dunar, diberitakan Kompas.com, Minggu.

Jenazah Hilbram Dunar disemayamkan di rumah duka daerah Bintaro, Pondok Pucung, Tangerang Selatan. Kemudian, dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan pukul 12.30 WIB.

Hilbram Dunar dikenal sebagai pembawa acara televisi penyiar radio, motivator, dan penulis buku sejak 1998.

Baca juga: Mengenang Sopyan Dado, Aktor Sinetron Tukang Ojek Pengkolan yang Meninggal Hari Ini


Profil pembawa acara Hilbram Dunar.

Hilbram Dunar lahir di Banda Aceh, Daerah Istimewa Aceh pada 30 Oktober 1975.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini tumbu bersama ayah yang warga asli Padang, Sumatra Barat dan ibu asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hilbram menikah dengan istrinya Denny Lusiana pada 2004. Keduanya dikaruniai dua orang anak, Ranu Ragusti Dunar dan Virpia Puteri Dunar.

Dikutip dari Tribunnews (31/3/2024), Hilbram menyelesaikan sekolahnya di SMA 3 Jakarta 1994. Dia lalu melanjutkan pendidikan ke Teknik Mesin Universitas Trisakti dan lulus pada 1999.

Dalam bukunya berjudul Cinta Itu Motivasi, Hilbram bercerita dia awalnya terjun menjadi penyiar radio semasa kuliah karena butuh tambahan uang. Tak disangka, hal tersebut justru menjadi mata pencaharian utamanya.

Sebagai penyiar, dia telah membawakan berbagai program pada banyak radio. Misalnya, MS TRI FM, Hard Rock FM, Trijaya FM, Motion FM, Indika FM, KBR Pagi, dan V Radio.

Sejak saat itu, Hilbram berkembang menjadi presenter berbagai acara televisi, master of ceremony (MC), pengajar public speaking, brand ambassador, bahkan konsultan kreatif perusahaan komunikasi.

Dia membawakan beberapa acara televisi seperti Mario Teguh Golden Ways, Formula 1, Cepat Tepat Dapat, Trans Tune In, Kisi-kisi, Santapan Pagi, Susahnya Minta Maaf, dan program olahraga.

Tak hanya berada di balik dunia hiburan, Hilbram juga terjun ke dunia penulisan buku. 

Lewat bukunya Plastic Heaven, dia mengaku tidak pernah membayangkan menjadi penulis. Hilbram hanya menjadikan tulisan sebagai coretan keseharian saat sekolah. Dia mulai intens menulis saat mulai bermain musik dan menciptakan lirik lagu.

Keberaniannya menulis semakin tumbuh seiring banyak orang memberikan komentar positif dalam cuitannya lewat akun Twitter @HilbramDunar dan akun Facebook Hilbram Dunar.

Akhirnya, Hilbram memutuskan merilis buku yang terinspirai dari berbagai cerita tentang cinta yang ada di dunia. Cerita itu lalu dibukukan dalam buku pertamanya Plastic Heaven.

Hilbram Dunar kini telah menulis dan menerbitkan enam buku berjudul Plastic Heaven, Main Hati, My Public Speaking, Cinta Itu Motivasi, Speak for Money, dan Kalau Mau Dicintai Selamanya Jangan Pilih Yang Hanya Bisa Dicintai Sementara.

Baca juga: Donny Kesuma Meninggal Dunia di Usia 55 Tahun, Ini Profilnya

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com