Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Paling Aneh di Dunia, Ada Air Terjun Darah

Kompas.com - 03/12/2023, 08:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Bumi merupakan hamparan wilayah yang sangat luas dan penuh dengan tempat-tempat menarik dan indah untuk dikunjungi.

Namun, ada juga sejumlah tempat aneh dan cukup misterius yang memancing rasa penasaran dan membuat banyak orang berusaha memecahkan teka-tekinya.

Beberapa dari mereka telah diketahui jawaban atau penyebab keanehannya, namun sebagian lain masih terus menjadi misteri sampai dengan saat ini.

Baca juga: Bukan Gurun, Ternyata Ini Tempat Paling Kering di Dunia


Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah 10 tempat paling aneh yang ada di dunia:

1. Air terjun Darah, Antartika

Dilansir dari laman CNN Travel, Blood Falls (air terjun darah) adalah air terjun berwarna merah darah yang menodai permukaan salju putih di Gletser Taylor.

Tempat ini didokumentasikan pertama kali pada 1911 oleh ahli geografi Thomas Griffith Taylor, anggota ekspedisi Robert Falcon Scott ke Antartika.

Para ahli glasiologi dan mikrobiologi menyimpulkan bahwa sumbernya adalah danau bawah tanah yang kaya akan zat besi, sehingga memberi warna merah pada airnya.

Baca juga: Mengenal Negara-negara Transkontinental yang Wilayahnya Ada di Dua atau Lebih Benua

2. Magnetic Hill, India

Ilustrasi Magnetic Hill di India, salah satu tempat teraneh di dunia.iStockphoto/RNMitra Ilustrasi Magnetic Hill di India, salah satu tempat teraneh di dunia.

Magnetic Hill dianggap aneh karena ketika Anda menempatkan mobil dalam posisi netral, ia akan bergerak sendiri menaiki tanjakan.

Saat fenomena Magnetic Hill ditemukan pada tahun 1930-an, ia menjadi populer sebagai obyek wisata dan banyak masyarakat yang mencoba untuk memecahkan teka-tekinya.

Para peneliti kemudian membuktikan bahwa “gaya magnet” yang membuat kendaraan bisa menaiki tanjakan dengan sendirinya tersebut hanyalah ilusi optik. Dan lereng yang menanjak sebenarnya merupakan turunan.

Baca juga: 5 Geng Motor Paling Terkenal di Dunia

3. Moeraki Boulders, Selandia Baru

Moeraki Boulders adalah batu-batu besar berbentuk bola yang tersebar di Pantai Koekohe di pantai South Island, Selandia Baru.

Mereka terbentuk jutaan tahun lalu di dasar laut purba, mengumpulkan dan mengeraskan sedimen serta mineral di sekitar inti seperti fosil atau cangkang.

Ini diketahui mirip dengan cara tiram membentuk mutiara. Namun, rincian asal usul dan apa yang menyebabkan retakan khas di dalamnya masih dipelajari.

Baca juga: Apa Itu Black Friday? Ini Arti, Sejarah, dan Tips Belanja di Hari Tersebut

4. Zona sunyi Mapimi, Mexico

Ilustrasi zona sunyi Mapimi di Meksiko, salah satu tempat paling aneh di dunia.Wikimedia/Cryptocone Ilustrasi zona sunyi Mapimi di Meksiko, salah satu tempat paling aneh di dunia.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com