Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Larang Penumpang Catok Rambut di Dalam Kereta Api, Ini Bahaya dan Sanksinya

Kompas.com - 13/11/2023, 16:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di media sosial TikTok beredar banyak video yang memperlihatkan aksi penumpang mencatok rambutnya di dalam gerbong kereta api.

Video tersebut salah satunya diunggah pemilik akun TikTok @auliadeas_ pada 16 Oktober 2023.

Dalam videonya, pengunggah tampak mencolokkan alat catok ke stop kontak di dalam gerbong kereta api. Dia lalu mencatok rambutnya saat kereta itu berjalan.

"Aku pernah sengaja taro carokan dan pouch makeup di luar koper karena mau nyatok di kereta, pake view jogja-jkt," tulis pengunggah.

"Malunya ada diliatin sm petugas yg lewat dan samping aku jg ada bapak2 tapi gmn dong abis itu mau acara," lanjutnya.

Hingga Senin (13/11/2023), video tersebut telah tayang sebanyak 4,4 juta kali, disukai 135.500 warganet, dan mendapat 1.343 komentar.

Lalu, bolehkah penumpang menggunakan alat catok rambut di dalam gerbong kereta api?

Baca juga: 5 Tips Rumahan untuk Mengatasi Rambut Kusut, Apa Saja?


Bahaya catokan di gerbong kereta api

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengungkapkan, penumpang tidak boleh menyalakan alat catok rambut dengan listrik di dalam gerbong kereta api.

"Penumpang tidak diperkenankan menggunakan colokan listrik di kereta api untuk catokan rambut," ujar dia kepada Kompas.com, Senin (13/11/2023).

Menurut Joni, stop kontak di dalam gerbong kereta api didesain untuk mengisi daya pada alat elektronik berdaya listrik kecil, seperti ponsel, tablet, atau laptop.

Joni menuturkan, penggunaan alat elektronik dengan daya listrik besar di dalam gerbong kereta berpotensi membahayakan perjalanan.

Ini terutama terjadi jika alat elektronik dengan daya listrik besar tersebut digunakan secara berlebihan atau bersamaan di kereta api.

"Dikhawatirkan dapat mengganggu fungsi kelistrikan kereta api secara keseluruhan karena daya kapasitas listrik di kereta api ada batasannya," tegas dia.

Kereta api membutuhkan listrik untuk menggerakkan rangkaian kereta api serta menyalakan peralatan persinyalan dan telekomunikasi kendaraan tersebut.

Jika listrik di kereta api terganggu, dapat mengakibatkan gangguan AC di dalam kereta, masalah pada lampu penerangan di dalam kereta, serta masalah di pelayanan kereta makan.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com