Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan dari Husein Sastranegara Resmi Pindah ke Kertajati, Ini Alasan, Maskapai, dan Rutenya

Kompas.com - 30/10/2023, 13:15 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung resmi dialihkan ke Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mulai Minggu (29/10/2023).

Informasi perihal peralihan penerbangan tersebut diungkapkan oleh Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Putu Eka Cahyadi.

Putu mengatakan, jenis penerbangan yang dialihkan adalah penerbangan dalam dan luar negeri yang dilayani dengan maskapai Citilink, Air Asia, dan Super Air Jet.

"Bandung per 29 Oktober tidak lagi melayani angkutan niaga berjadwal jet dan dipindah menuju Kertajati," ujar Putu dikutip dari Kontan, Jumat (15/9/2023).

Baca juga: Runway Bandara Kertajati Terbakar, Ini Sejarah Pembangunannya...

Baca juga: Habiskan Dana Triliunan Rupiah, Mengapa Bandara Kertajati Sepi?

Alasan penerbangan dialihkan ke Bandara Kertajati

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah memindahkan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati karena faktor keselamatan dan keamanan.

Ia menjelaskan bahwa panjang landasan pacu di Bandara Husein Sastranegara hanya 2.200 meter.

Sementara panjang landasan pacu di Bandara Kertajati mencapai 3.000 meter.

Dengan landasan pacu yang lebih panjang, hal ini memungkinkan pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 untuk mendarat.

"Sehingga penerbangan dari luar negeri baik dari Asia, Eropa, dan negara lainnya, bisa langsung mendarat di Jawa Barat. Maka itu penerbangan kita pindah ke Bandara Kertajati," ujarnya dikutip dari Kontan, Minggu.

"Husein itu landasannya pendek dan dia berada di cekungan sehingga dari segi safety (keamanan) memang Husein punya masalah, apalagi populasi (di sekitar bandara) sudah banyak sekali," tambahnya.

Baca juga: Penantian Panjang Tol Cisumdawu, Napas Baru Bandara Kertajati

Maskapai dan rute yang melayani penerbangan di Kertajati

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati resmi beroperasi penuh dan menggantikan Bandara Husein Sastranegara pada Minggu (28/10/2023).Dok. Kementerian Perhubungan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati resmi beroperasi penuh dan menggantikan Bandara Husein Sastranegara pada Minggu (28/10/2023).

Bandara Kertajati yang menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten ini bakal melayani 16 penerbangan setiap hari.

Sebanyak 4.680 penumpang diperkirakan akan berangkat dan tiba di bandara tersebut setiap harinya.

Pihaknya memperkirakan kapasitas tempat duduk mencapai 32.760 penumpang setiap minggu.

Setelah dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandara Kertajati akan melayani penerbangan Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet.

Bandara Kertajati melayani rute tujuan Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), termasuk Palembang (PLM).

Selain rute dalam negeri, Bandara Kertajati juga membuka rute internasional dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia dan penerbangan umrah serta haji.

Baca juga: Profil Bandara Kertajati: Sejarah, Anggaran Pembangunan, dan Aktivitas Terkini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com