Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Karakteristik Gen Z, Adaptif terhadap Teknologi dan Sadar akan Pentingnya Kesehatan

Kompas.com - 24/10/2023, 08:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Generasi Z atau Gen Z adalah salah satu istilah populer yang digunakan untuk menyebut anak-anak muda zaman sekarang.

Menurut Beresford Research, Gen Z adalah mereka yang lahir pada rentang waktu 1997-2012 dan berusia antara 11-26 tahun pada 2023.

Meski begitu, terdapat stereotip yang berkembang yang menyebutkan bahwa Gen Z adalah sekumpulan anak muda yang tidak bisa lepas dari ponsel karena mereka lahir ketika teknologi sudah berkembang pesat.

Baca juga: Ramai di Kalangan Gen Z, Apa Arti dari Skena?

Namun tahukah Anda bahwa generasi Z itu khas, berbeda, dan tidak bisa diabaikan dibanding generasi lainnya?


Baca juga: Ramai di Media Sosial, Benarkah Gen Z Malas Bekerja?

Karakteristik generasi Z

Ilustrasi generasi ZApptus Ilustrasi generasi Z
1. Generasi Z adaptif dengan teknologi

Karakteristik pertama dari generasi Z adalah mereka penduduk asli dari generasi digital yang ada saat ini. Mereka tidak pernah berurusan dengan internet dial-up atau telepon genggam jadul, dilansir dari Britannica.

Berbeda dengan generasi Milenial yang hidup di tengah maraknya internet dan masih tumbuh dengan televisi kabel dan telepon rumah, Generasi Z menjalani kehidupan mereka yang sepenuhnya terhubung secara digital.

Generasi Z tumbuh dengan pengetahuan bahwa mereka dapat berbicara dengan siapa pun di seluruh dunia dalam sekejap dengan melalui smartphone dan berbagai macam jaringan media sosial.

Bagi generasi ini, barang elektronik yang merupakan barang mewah bagi orang tua mereka telah menjadi sebuah kebutuhan untuk hidup di dunia modern.

Sebagian besar dari mereka tidak ingat kehidupan sebelum adanya ponsel pintar (smartphone), dan semuanya tumbuh pada masa di mana akses terhadap konten streaming yang sudah ada di mana-mana.

Baca juga: Ruang Dialog Politik untuk Generasi Z

2. Cenderung tinggal di perkotaan

Karakteristik generasi Z selanjutnya yaitu mereka lebih cenderung tinggal di kota dan wilayah metropolitan. Meskipun tidak semuanya, namun hanya 13 persen yang tumbuh di daerah pedesaan.

Penelitian pada 2018 menunjukkan bahwa generasi tertua Gen Z menunda atau bahkan tidak menikah. Hanya sekitar 4 persen yang menikah pada usia 18 dan 21 tahun, hampir setengah dari jumlah generasi Milenial, yang 7 persen di antaranya menikah pada usia yang sama.

Hal ini mungkin disebabkan karena mereka lebih ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan mengejar karier.

Baca juga: Kerap Dianggap Lebih Lemah dari Generasi Sebelumnya, Ada Apa dengan Generasi Z?

3. Dunia yang mereka tinggali tidak pernah terasa aman

Ilustrasi Gen Z.SHUTTERSTOCK/JACOB LUND Ilustrasi Gen Z.

Hal selanjutnya yang membedakan generasi milenial dengan generasi Z adalah apakah mereka mengingat peristiwa 11 September 2001 atau tidak.

Dikutip dari Oxford Royale, bagi generasi Z yang paling tua, peristiwa tersebut terjadi pada masa hidup mereka saat mereka masih terlalu muda untuk mengingatnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com