Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Nyata Dokumenter Netflix The Devil on Trial, Pembunuhan karena Kesurupan

Kompas.com - 19/10/2023, 10:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan streaming Netflix merilis film dokumenter terbaru berjudul The Devil on Trial.

Film tersebut merupakan dokumenter berdurasi 1 jam 21 menit yang kisah nyatanya menjadi inspirasi bagi film horor Conjuring 3.

The Devil on Trial menceritakan penyelidikan seorang anak laki-laki yang kesurupan dan melakukan pembunuhan brutal. 

Sutradara The Devil on Trial, Chris Holt mengungkapkan, film ini dibuat berdasarkan kesaksian asli para orang yang terlibat dalam kejadian tersebut.

Meski begitu, dokumenter ini dibuat menggunakan reka ulang adegan dan rekaman video rumahan.

"Saya pikir mereka mengatakan yang sebenarnya kepada saya, tapi itu adalah interpretasi mereka terhadap kebenaran, bukan fakta yang pasti. Namun, mereka percaya dan saya percaya apa yang mereka katakan adalah benar," ujarnya, dikutip dari situs Netflix (19/10/2023).


Kisah nyata The Devil on Trial

Kisah nyata film The Devil on Trial dikenal sebagai kasus "The Devil Makes Me Do It" yang terjadi pada 1980.

Kasus ini menjadi satu-satunya kejadian kerasukan setan yang resmi digunakan sebagai pembelaan dalam sidang pembunuhan sepanjang sejarah sistem hukum Amerika Serikat.

Kasus berawal saat seorang anak laki-laki berusia 11 tahun bernama David Glatzel mulai bersikap aneh dan kasar. Keluarganya percaya dia kerasukan setan.

Keluarga Glatzel lalu mengadakan pengusiran setan bersama para ahli demonologi dan penyelidik paranormal, Ed dan Lorraine Warren.

Pengusiran setan tersebut diikuti oleh orangtua David, saudara laki-laki Alan dan Carl, saudara perempuan Debbie dan pacarnya, Arne Cheyenne Johnson yang berusia 19 tahun.

Di tengah prosesi tersebut, Arne menantang iblis untuk meninggalkan tubuh David dan pindah ke tubuhnya. Lorraine Warren memperingatkan hal itu berbahaya.

Lima bulan kemudian, Arne membunuh Alan Bono, tuan tanahnya yang berusia 40 tahun. Dia mengaku berada di bawah pengaruh kekuatan setan saat melakukan pembunuhan.

Baca juga: Fenomena Kesurupan: Mistis atau Medis?

Sidang pembunuhan karena kerasukan setan

Arne Johnson saat sidang kasus The Devil Made Me Do It dalam film dokumenter Netflix The Devil on Trial.Dok. Netflix Arne Johnson saat sidang kasus The Devil Made Me Do It dalam film dokumenter Netflix The Devil on Trial.
Debbie yang berada di lokasi ketika kejadian itu terjadi mengaku melihat Arne kerasukan saat menikam Alan empat kali, diberitakan Time, Rabu (18/10/2023).

Namun, hakim menolak bukti dan pembelaan yang menyatakan Arne melakukan pembunuhan karena kesurupan setan dalam persidangan yang berlangsung pada 1981.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com