Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Negara yang Berdiri di Belakang Palestina dan Israel

Kompas.com - 09/10/2023, 17:15 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kelompok militan Palestina, Hamas melakukan serangan ke Israel pada Sabtu (7/10/2023) pagi. 

Serangan yang dinamai Operasi Badai Al Aqsa ini mengakibatkan ratusan korban jiwa jatuh.

Pejabat Hamas menyebut, serangan ini dilakukan sebagai respons atas kekejaman yang dilakukan Israel kepada rakyat Palestina dan situs-situs suci agama Islam seperti Al Aqsa selama ini.

Selain itu, serangan dilakukan sebagai balasan blokade yang dilakukan Israel terhadap Gaza selama 16 tahun serta ke kota-kota di Tepi Barat selama setahun terakhir.

Sebagai balasan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu resmi mendeklarasikan perang melawan Hamas.

Atas situasi ini, negara-negara dunia terpecah menjadi dua kubu. Sebagian membela Palestina sementara lainnya mendukung Israel.

Baca juga: Bantu Israel Lawan Hamas, AS Kirimkan Bantuan Kapal dan Pesawat Militer


Negara pendukung Israel

Dalam file foto 9 Maret 2010 ini, Wakil Presiden AS Joe Biden (Presiden AS saat ini) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di kediaman Perdana Menteri di Yerusalem.AP PHOTO/ARIEL SCHALIT Dalam file foto 9 Maret 2010 ini, Wakil Presiden AS Joe Biden (Presiden AS saat ini) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di kediaman Perdana Menteri di Yerusalem.
Berikut sejumlah pejabat berbagai negara yang menyatakan dukungan dan akan membantu Israel dalam peperangan tersebut.

1. Amerika Serikat

Dilansir dari News18 (9/10/2023), Presiden AS Joe Biden menyatakan dukungan AS terhadap Israel sangat kuat dan tidak tergoyahkan.

Biden bahkan memerintahkan kapal dan pesawat tempur AS untuk mendekat ke Israel guna mengirimkan bantuan militer baru.

“Menyampaikan bahwa bantuan tambahan untuk Pasukan Pertahanan Israel sekarang sedang dalam perjalanan ke Israel dan lebih banyak lagi yang akan menyusul dalam beberapa hari mendatang,” ujar Biden kepada Benjamin Netanyahu dalam rilis yang dibagikan Gedung Putih.

Pemerintah AS di Pentagon juga mengirim kapal induk USS Gerald R Ford dan kapal perang serta meningkatkan skuadron pesawat tempur di wilayah tersebut.

Dukungan juga muncul di dalam negeri. Gubernur New York memerintahkan monumen di New York City, termasuk Empire State Building dan Moynihan Train Hall, diterangi dengan lampu warna biru dan warna simbol bendera Israel.

2. Inggris

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan kepada Netanyahu bahwa Inggris dengan tegas mendukung Israel dan berupaya memastikan dunia memiliki satu suara.

“(Sunak) menegaskan kembali bahwa Inggris akan mendukung Israel dengan tegas melawan tindakan teror ini," kata kantor pemerintahan Downing Street dalam sebuah pernyataan.

"Perdana Menteri menawarkan kepada Perdana Menteri Netanyahu dukungan apa pun yang dibutuhkan Israel,” lanjut pernyataan tersebut.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com