Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Asing Soroti KTT ASEAN 2023 di Indonesia, WFH, dan Polusi Udara

Kompas.com - 03/09/2023, 18:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 akan digelar 5-7 September 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Sebanyak 22 negara akan diundang dalam konferensi ini. Terdiri dari 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Sementara sembilan negara mitra juga diundang, seperti Korea Selatan, India, Jepang, China, Selandia Baru, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat.

Dua negara lain ikut menghadiri acara ini, yakni Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Kepulauan Cook sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Menjelang pelaksanaan KTT ASEAN 2023, media asing mulai memberitakan KTT ASEAN 2023. Sejumlah media telah mengonfirmasi kehadiran kepala pemerintahan mereka.

Baca juga: Jadwal dan Rute Alternatif 29 Jalan di Jakarta Saat KTT ASEAN 2-7 September 2023


Kata media asing jelang KTT ASEAN 2023

Berikut isi pemberitaan di media asing mengenai persiapan KTT ASEAN 2023 yang diadakan di Indonesia.

1. Langkah menghentikan kekerasan di Myanmar

Reuters memberitakan isi diskusi yang kemungkinan muncul di KTT ASEAN 2023 dalam berita berjudul "Southeast Asian Leaders Urge End of Myanmar Violence, Inclusive Talks".

Dalam pemberitaannya, Reuters menyebut KTT tahun ini akan membahas langkah menghentikan kekerasan di Myanmar oleh junta militer. Selain itu, pembicaraan mengenai ketegangan antara Taiwan dan China mungkin juga akan terjadi.

Sementara itu, para pemimpin negara di ASEAN disebut akan membahas isu perdagangan manusia, perlindungan pekerja migran, dan mendukung industri kendaraan listrik.

2. Penerapan WFH di sekolah dan PNS

Media asal Singapura The Straits Times menyoroti upaya pemerintah Indonesia dalam menyiapkan KTT ASEAN 2023 lewat berita "Students, Civil Servants to Study and Work from Home as Jakarta Hosts Asean Summit".

Dilansir dari pemberitaanya (28/8/2023), lebih dari 700 sekolah di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat menerapkan pembelajaran jarak jauh selama 4-7 September 2023. Sementara 75 persen pegawai negeri sipil harus bekerja dari rumah.

Persiapan lain yang dilakukan seperti pemasangan dekorasi, pengaturan lokasi, serta penataan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

3. Tiga pilar KTT ASEAN 2023

Media Vietnam+ menuliskan berita KTT 2023 dengan judul "Indonesia Announces Pillars of ASEAN Summit 2023".

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi diberitakan umumkan tiga pilar utama KTT ASEAN 2023, yakni menjaga sentralitas kelompok, negara ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan, dan pandangan terhadap penyelenggaraan ASEAN-Indo-Pacific Forum.

4. Soroti stabilitas politik ASEAN

Media lokal Jepang Equity Jiji memberitakan tulisan yang dalam bahasa Indonesia berjudul "Pertemuan ASEAN Dimulai Pada Tanggal 4-Pertemuan Puncak Tanggal 5-Indonesia".

Media ini menyatakan para pemimpin negara akan hadir di KTT ASEAN 2023 untuk salah satunya membahas ketidakstabilan politik dan rencana penggantian Myanmar sebagai ketua ASEAN pada 2026 dengan Filipina.

Baca juga: H-2 KTT ASEAN di Jakarta, Hindari Ruas Jalan Ini agar Tidak Terjebak Macet

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com