Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Duta Pancasila Paskibraka Indonesia

Kompas.com - 17/08/2023, 16:01 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Purnapaskibraka Duta Pancasila ikut terlibat dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Organisasi ini diisi oleh pruna atau alumni dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional.

Dalam perayaan HUT ke-78 RI, sejumlah pihak dilibatkan mengisi rangkaian peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia.

Salah satu agenda dalam peringatan Dirgahyu Kemerdekaan Indonesia adalah kirab budaya sekaligus prosesi penyerahan duplikat Bendera Pusaka dari Monas ke Istana Merdeka.

Baca juga: Daftar Nama Anggota Paskibraka yang Bertugas pada Upacara 17 Agustus 2023

 

Dua anggota purnapaskibraka bertugas sebagai Duta Pancasila dalam prosesi tersebut.

Mereka adalah Ghania Taufiqa Salma Wibowo pelajar SMA Negeri 8 Yogyakarta dan Ayumi Putri Sasaki siswi SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi. Keduanya bertugas sebagai Paskibraka saat HUT Ke-77 RI 2022.

Sebagai Duta Pancasila, Gania dan Ayumi membawa duplikat bendera negara Sang Merah Putih dan teks proklamasi yang akan digunakan dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Baca juga: LINK Live Streaming Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka

Lantas, apa itu purnapaskibraka Duta Pancasila Indonesia yang bertugas saat perayaan HUT ke-78 RI?


Mengenal apa itu Duta Pancasila

Presiden Joko Widodo berbincang dengan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) seusai upacara pengukuhan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8/2023).Dokumentasi/Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo berbincang dengan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) seusai upacara pengukuhan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8/2023).
Dilansir dari laman Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI), Purnapaskibraka Duta Pancasila adalah purnapaskibraka yang ditetapkan sebagai duta Pancasila oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang dibentuk pada 2018 untuk melestarikan Pancasila dan ideologi negara. Lembaga ini membawahi Paskibraka Indonesia.

Para Duta Pancasila merupakan mantan anggota tim Paskibraka yang bertugas saat upacara 17 Agustus tahun sebelumnya atau disebut sebagai Purnapaskibraka.

Baca juga: Sejarah Paskibraka yang Selalu Diturunkan dalam Upacara HUT RI

Purnapaskibra Duta Pancasila tergabung dalam organisasi DPPI yang berada di bawah arahan BPIP. Hingga 2023, terdapat dua angkatan Purnapaskibraka Duta Pancasila, yakni 2021 dan 2022.

Organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia dibentuk melalui Keputusan Kepala BPIP Nomor 96 Tahun 2022. DPPI berada di tingkat pusat, provinsi, dan kota/kabupaten.

Untuk menjadi Duta Pancasila, mantan anggota tim Paskibraka harus mendaftarkan diri ke DPPI. Registrasi Purnapaskibra Duta Pancasila akan dibuka setiap tahun.

Setelah diterima, para anggota Duta Pancasila akan mengikuti Pengangkatan Purnapaskibraka Duta Pancasila.

Baca juga: Sosok Lilly Indiani Suparman Wenda Pembawa Baki Bendera Pusaka dan Paskibraka 2023

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com