Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Dharma Wanita Nasional 5 Agustus, Sejarah dan Kumpulan Ucapannya

Kompas.com - 04/08/2023, 12:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Dharma Wanita diperingati setiap tanggal 5 Agustus. Tahun ini, Hari Dharma Wanita Nasional jatuh pada Sabtu (5/8/2023).

Dikutip dari laman MPR, Dharma Wanita merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan istri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia.

Organisasi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.

Meski tanggal 5 Agustus ditetapkan sebagai Hari Dharma Wanita, namun hari ulang tahunnya sendiri dirayakan setiap 7 Desember.

Hal tersebut dikarenakan pada 7 Desember 1999, Dharma Wanita mulai ditetapkan dalam sebuah rapat nasional.

Baca juga: 27 Atlet Nasional Dilantik Jadi PNS oleh Kemenpora, Apa Pekerjaannya?

Sejarah Dharma Wanita

Dilansir dari laman Dharma Wanita, sejarah Dharma Wanita bermula pada masa pemerintahan Orde Baru atau 5 Agustus 1974.

Organisasi tersebut didirikan oleh Ketua Dewan Pembina KORPRI saat itu, Amir Machmud, atas prakarsa Tien Soeharto sebagai Ibu Negara.

Pada saat itu, Dharma Wanita beranggotakan para istri Pegawai Republik Indonesia, anggota ABRI yang dikaryakan, dan pegawai BUMN.

Kemudian pada 1988 atau saat era Reformasi, Dharma Wanita melakukan perubahan dengan tidak lagi memuat unsur politik dari pemerintah.

Dharma Wanita kemudian menjadi organisasi sosial kemasyarakatan yang netral dari politik, independen, dan demokratis.

Baca juga: Anak PNS Gaji Rendah tapi Dapat UKT Tinggi, Ini Kata Kemendikbud Ristek

Menjadi Dharma Wanita Persatuan

Nama Dharma Wanita kemudian berubah menjadi Dharma Wanita Persatuan di bawah kepemimpinan Presiden Abdurahman Wahid atau Gus Dur.

Penambahan kata "Persatuan" itu disesuaikan dengan nama Kabinet Persatuan Nasional pada kala itu.

Selain perubahan nama, Dharma Wanita kemudian turut berubah menjadi sebuah organisasi yang lebih mandiri dan demokratis.

Hal tersebut disahkan melalui hasil Musyawarah Nasional (Munas) Luar Biasa Dharma Wanita yang diselenggarakan pada 6-7 Desember 1999.

Berikut adalah pokok-pokok hasil Munas Luar Biasa Dharma Wanita:

  • Nama organisasi berubah menjadi Dharma Wanita Persatuan
  • Istilah istri Pegawai Republik Indonesia diganti menjadi istri Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia
  • Penegasan sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang bergerak di bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya
  • Penegasan sebagai organisasi non-politik
  • Penerapan demokrasi dalam organisasi (ketua umum dan ketua pada unsur pelaksana dipilih secara demokrasi).

Baca juga: Saat Gaji PNS Naik pada Tahun-tahun Politik...

Ucapan Hari Dharma Wanita

Ucapan Hari Dharma Wanita dapat dibagikan di media sosial ataupun digunakan dalam caption unggahan.

Dikutip dari Kontan, berikut 15 ucapan Hari Dharma Wanita:

  • Selamat memperingati Hari Dharma Wanita Nasional. Terus bersama tingkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS demi mencapai kesejahteraan nasional!
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional untuk seluruh wanita hebat Indonesia semoga semakin maju, bersinar. Tidak hanya hari ini tetapi setiap hari.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional 5 Agustus 2023. Semoga dapat menjadi wanita yang memberikan inspirasi bagi sesama.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional. Terus dukung Dharma Wanita yang lebih modern dan profesional dengan program yang berkesinambungan sehingga dapat bersaing secara terbuka dan berkontribusi secara aktif.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional 2023. Semoga menjadi organisasi yang aktif, bermanfaat, berkualitas dan terus berperan serta dalam membangun peran wanita cerdas dan memperkuat ketahanan keluarga di era digital.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional 2023. Setiap Dharma Wanita dapat membuat kebahagiaan untuk membantu membangun bangsa yang baik.
  • Selamat memperingati Hari Dharma Wanita untuk semua perempuan yang berjuang setiap hari dalam menegaskan haknya dan bertanggung jawab atas kewajibannya.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional 2023. Mari jadikan peringatan ini sebagai momentum bagi perempuan untuk berkarya bagi bangsa.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional! Terima kasih, karena sudah memberikan dukungan dalam aparatur negara. Semoga tetap menjadi inspirasi bagi sesama.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional. Waktunya wanita berperan, bukan baperan.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional. Jadilah perempuan yang berani melawan, melawan apa saja segala bentuk ketidakadilan dan penindasan.
  • Perempuan adalah motivator di balik orang-orang hebat yang berada di sekitarnya. Selamat memperingati Hari Dharma Wanita 2023.
  • Wanita adalah gender terkuat bila kita menyadari hal itu, karena sesungguhnya pikiran yang salah bisa menganggap mereka lemah. Selamat Hari Dharma Wanita 2023.
  • Selamat Hari Dharma Wanita Nasional 2023. Semoga senantiasa menjadikan wanita yang tumbuh kuat dengan doa dan harapan, senantiasa tersenyum dan membangun kekuatan selama berada dalam tekanan dan masalah.
  • Selamat memperingati Hari Dharma Wanita. Semoga dapat menjadi perempuan yang memberikan inspirasi bagi sesama.

Baca juga: PNS Golongan 1, 2, 3, dan 4 Mendapatkan BPJS Kesehatan Kelas Berapa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com