Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Debut Lionel Messi di Inter Miami Vs Cristiano Ronaldo di Al Nassr

Kompas.com - 22/07/2023, 16:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lionel Messi menjalani laga pertamanya bersama klub asal Amerika Serikat (AS), Inter Miami pada Sabtu (22/7/2023) pagi waktu Indonesia.

Messi membawa Inter Miami meraih kemenangan dengan skor 2-1 dalam pertandingan Leagues Cup melawan Cruz Azul di DRV PNK Stadium, Florida, AS.

Pertandingan ini menjadi debut Messi setelah hengkang dari Paris Saint-Germain (PSG). Ia bergabung dengan Inter Miami pada 15 Juli 2023.

Bergabungnya La Pulga ke klub AS sekaligus menjadi momen pertamanya berlaga di luar benua Eropa.

Sebagai sesama pemain bintang dengan sederet penghargaan individu, Messi mengikuti jejak Cristiano Ronaldo yang lebih dulu bermain di liga luar Eropa.

Ronaldo memilih melanjutkan karier sepak bolanya di Liga Arab Saudi bersama Al Nassr sejak akhir 2022. Terakhir, ia membela Manchester United.

Lantas, bagaimana perbandingan laga debut Messi dan Ronaldo di liga luar Eropa?

Baca juga: Laga Debut Messi di Inter Miami, Tiket Dijual Rp 1,5 Miliar


Pertandingan perdana

Ronaldo melakoni debutnya bersama Al Nassr dalam pertandingan Liga Arab Saudi melawan Ettifaq di Stadion KSU, Arab Saudi pada 21 Januari 2023.

Saat itu, Al Nassr berhasil meraih kemenangan 1-0 atas lawannya. Gol kemenangan dibuat Anderson Talisca.

Dilansir dari ESPN (22/1/2023), Ronaldo sebelumnya ikut turun dalam pertandingan persahabatan melawan PSG pada 19 Januari 2023. Kala itu, ia membuahkan dua gol untuk Al Nassr. 

Pada laga melawan Ettifaq, Ronaldo didapuk sebagai kapten. Ia juga diturunkan selama 90 menit pertandingan.

Sementara Messi hanya bermain di setengah pertandingan saat debutnya bersama Inter Miami. Ia baru masuk di menit kedelapan pada babak kedua pertandingan melawan Cruz Azul.

Baca juga: Mengenal Inter Miami, Klub David Beckham yang Rekrut Lionel Messi

Gol pertama

Penyerang Al Nassr Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Al Raed dalam laga lanjutan Liga Arab Saudi 2022-2023 di KSU Stadium, Riyadh, pada Sabtu (29/4/2023) dini hari WIB. Forbes menobatkan Cristiano Ronaldo sebagai atlet dengan penghasilan tertinggi pada 2023. Total penghasilan tahunan CR7 kini mengungguli Lionel Messi dan bintang NBA, LeBron James.AFP Penyerang Al Nassr Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Al Raed dalam laga lanjutan Liga Arab Saudi 2022-2023 di KSU Stadium, Riyadh, pada Sabtu (29/4/2023) dini hari WIB. Forbes menobatkan Cristiano Ronaldo sebagai atlet dengan penghasilan tertinggi pada 2023. Total penghasilan tahunan CR7 kini mengungguli Lionel Messi dan bintang NBA, LeBron James.
Meskipun tidak bermain penuh waktu, Messi mampu mencetak gol pertama di laga perdananya bersama Miami. Gol tersebut membuat tim milik David Beckham tersebut meraih kemenangan.

Dikutip dari Sports Net, Sabtu (22/7/2023), Robert Taylor membuat gol pertama bagi Inter Miami pada menit ke-44. Laga babak pertama berakhir dengan keunggulan timnya.

Namun, Cruz Azul bermain lebih tajam di babak kedua. Hal tersebut dibuktikan dengan gol dari Uriel Antuna pada menit 65.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com