Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Film Barbie Vs Oppenheimer, Pilih Menonton yang Mana?

Kompas.com - 20/07/2023, 13:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film Barbie dan Oppenheimer sama-sama memulai penayangan perdana di Indonesia pada Rabu (19/7/2023).

Penayangan kedua film ini mendapatkan perhatian dari khalayak. Salah satunya berupa istilah "Barbenheimer" yang muncul di media sosial.

Tayang bersamaan, film Barbie buatan Greta Gerwig dan Oppenheimer karya Christopher Nolan memiliki alur cerita yang jauh berbeda.

Dilansir dari iMDb, Barbie menceritakan perjalanan boneka Barbie yang mengalami krisis identitas sehingga mulai mempertanyakan dunianya.

Sementara Oppenheimer akan membawa penonton mengenal kehidupan ilmuwan J. Robert Oppenheimer yang berperan mengembangkan bom atom.

Karena tayang perdana di Indonesia pada hari yang sama, film Barbie dan Oppenheimer dapat dibandingkan sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan film mana yang akan ditonton.

Baca juga: Christopher Nolan Bagikan Tips Posisi Kursi Terbaik Menonton Oppenheimer


Barbie vs Oppenheimer

Simak perbandingan film Barbie dan Oppenheimer berikut:

1. Durasi film

Film Barbie dan Oppenheimer memang memiliki alur cerita dan tokoh yang berbeda. Namun, hal yang perlu menjadi perhatian adalah perbedaan durasi filmnya.

Berdasarkan informasi resminya, film Barbie tayang selama 1 jam 54 menit. Sedangkan Oppenheimer berdurasi 3 jam.

2. Batas usia penonton

Menurut iMDb, asosiasi perdagangan film AS MPA memberikan rating R atau restricted untuk Oppenheimer. Alasanya, karena ada adegan seks dan gaya bahasa yang digunakan dalam film.

Selain itu, film biografi ini menampilkan adegan kekerasan, kata-kata kotor, penggunaan alkohol, narkoba, dan rokok, serta adegan menakutkan.

Karena itu, orang dewasa Indonesia perlu memberikan pengawasan pada penonton di bawah usia 17 tahun.

Sementara Barbie memiliki rating PG-13 atau pengawasan perlu diberikan pada penonton usia di bawah 13 tahun. Ini karena terdapat sedikit adegan yang menunjukkan kata kotor dan seksualitas.

Baca juga: Siapa Robert Oppenheimer, Bapak Bom Atom dalam Film Terbaru Christopher Nolan?

3. Rating Rotten Tomatoes

Rating Rotten Tomatoes film Barbie dan Oppenheimer per 20 Juli 2023. Rating Rotten Tomatoes film Barbie dan Oppenheimer per 20 Juli 2023.
Rotten Tomatoes merupakan situs ulasan dan pemberian nilai untuk film dan televisi yang rilis di dunia berdasarkan penilaian penonton.

Hingga Kamis (20/7/2023) pagi, Oppenheimer memiliki nilai lebih tinggi, yakni 92 persen dari 144 penonton yang memberikan penilaian. Sebanyak 132 orang menyukai film ini sementara sisanya kurang suka.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com