Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Jari Tangan yang Berubah Hitam karena Kedinginan Disebut Frostbite, Apa Itu?

Kompas.com - 30/06/2023, 18:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video yang memperlihatkan jari-jari tangan seseorang berubah warna menjadi hitam dan kaku, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun TikTok ini pada Kamis (29/6/2023).

Dalam unggahan tampak, jari-jari tangan yang berwarna hitam itu sulit untuk ditekuk dan kerasa keras seperti membatu.

Selain itu, dalam narasi video disebutkan bahwa jari tangan pendaki gunung yang terkena frostbite.

"Trigger Warning! Saat tubuh kita terpapar suhu dingin yang sangat ekstrem, beberapa bagian tubuh kita akan berubah warna dan mulai mati rasa. Mengapa? Karena suhu yang sangat dingin bisa merusak kulit dan jaringan yang ada di bawahnya, kondisi medis ini disebut Frostbite," tulis pengunggah.

@mindcruster

Trigger Warning! Saat tubuh kita terpapar suhu dingin yang sangat ekstrem, beberapa bagian tubuh kita akan berubah warna dan mulai mati rasa. Mengapa? Karena suhu yang sangat dingin bisa merusak kulit dan jaringan yang ada di bawahnya, kondisi medis ini disebut Frostbite. Fase frostbite dimulai dengan adanya kemerahan pada kulit hingga ahkirnya menjadi hitam dan kaku apabila dibiarkan hingga fase ahkir. Umumnya terjadi pada bagian tubuh seperti tangan, kaki, telinga, hidung, dan dagu. Credits: Fahad Badar Ikuti @mindcruster untuk konten menarik tiap harinya! #frostbite #health #fyp #trending #reelsinstagram #instareel #explorepage #instagood #trendingreels

? original sound - ????????????????????????????????????????????

Hingga Jumat (30/6/2023) sore, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 16,2 juta kali dan mendapatkan lebih dari 7.000 komentar dari warganet.

Lantas, apa itu frostbite?

Baca juga: Ramai soal Gel Manicure Bisa Membuat Jari Tangan Menghitam, Benarkah?

Mengenal frostbite

Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Ahmad Fawzy membenarkan bahwa jari-jari tangan yang berwarna hitam pada unggahan video tersebut adalah frostbite.

Ia menjelaskan, cedera radang dingin (frostbite) adalah cedera akibat suhu rendah (hipotermik) yang terjadi ketika kulit dan jaringan di bawahnya membeku karena terlalu lama terpapar suhu dingin.

"Kondisi ini biasanya mempengaruhi ekstremitas seperti jari tangan, kaki, hidung, telinga, dan pipi," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (30/6/2023).

Sementara itu, untuk tingkat keparahan radang dingin dapat berkisar dari cedera permukaan (superfisial) ringan hingga kerusakan jaringan dalam, tergantung pada durasi dan intensitas paparan dingin.

Baca juga: Ramai soal Lampu Menyala Saat Ujungnya Dipegang dengan Tangan Disebut Lampu Emergency, Benarkah?

Bagaimana frostbite terjadi?

Ahmad Fawzy menyampaikan, saat terkena suhu dingin yang ekstrem, kaliber pembuluh darah di kulit dan jaringan di bawahnya menyempit (vasokonstriksi) untuk menjaga panas tubuh dan melindungi organ vital.

Sehingga hal tersebut mengurangi aliran darah dan menyebabkan hipoksia jaringan (kekurangan oksigen).

"Saat suhu jaringan turun jauh, kristal bekuan dapat terbentuk di dalam sel dan menyebabkan kerusakan fisik," ungkapnya.

Namun, setelah penghangatan kembali, ada yang namanya cedera reperfusi. Di mana aliran darah yang tadinya tersendat tiba-tiba tumpah ruah ke jaringan yang terkena.

Sehingga, hal tersebut memperburuk kerusakan akibat peradangan dan pelepasan substansi radikal bebas yang bersifat destruktif terhadap jaringan.

Baca juga: Ramai Unggahan Kulit Kering Keriput hingga Sidik Jari Hilang, Ini Kata Dokter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com