Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kuno Alaska Tidak Makan Ikan Selama 1.000 Tahun, Apa Alasannya?

Kompas.com - 16/06/2023, 13:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manusia mulai makan atau mengonsumsi ikan sejak hampir 2 juta tahun yang lalu.

Hal itu salah satunya terbukti dari penelusuran sejarah yang mendapatkan bahwa sekitar 800.000 tahun yang lalu hominin di Israel sudah memanggang ikan mas raksasa.

Hominin merupakan anggota dari suku Hominini, yaitu manusia modern dan kerabatnya yang telah punah.

Jadi tidak mengherankan jika ikan air tawar merupakan sumber daya yang sangat penting bagi masyarakat prasejarah pedalaman di Amerika Utara.

Meski begitu, dilansir dari Haaretz, ada satu penelitian aneh yang ditemukan arkeolog. Yaitu bahwa pada orang-orang kuno di Beringia, sekitar 15.000 hingga 14.000 tahun yang lalu, tidak ditemukan adanya bukti konsumsi ikan hingga seribu tahun lamanya.

Beringia sendiri adalah sebuah jembatan darat antara Asia dan Amerika utara yang menghubungkan Alaska sekarang dengan Siberia timur.

Lantas, apa alasan orang Alaska tidak makan ikan selama 1.000 tahun?

Baca juga: Ilmuwan China Menggali Lubang Sedalam 10.000 Meter untuk Mencapai Bebatuan Zaman Kapur


Ikan pertama muncul di Beringia Timur

Profesor Ben Potter dari Departemen Antropologi di Universitas Alaska Fairbanks dan timnya telah menyisir laporan penggalian di semua situs yang berusia 14.000 hingga 7.000 tahun di Beringia Timur.

Dalam penelitiannya, para arkeolog menyatakan, ikan pertama kali muncul dalam konteks manusia Beringia Timur yaitu pada 12.900 tahun yang lalu yang mereka temukan di sebuah situs bernama Mead, dan 11.800 tahun yang lalu dalam sebuah situs bernama Upward Sun River.

Beringia Timur sendiri terdiri dari bagian Alaska dan Yukon yang merupakan daerah subur dan penuh dengan hewan lebih dari 15.000 hingga 14.000 tahun yang lalu.

Lalu bagaimana dengan Beringia Barat? Ternyata tidak ada bukti terkait hal tersebut. Namun Potter menjelaskan bahwa semua situs ini berada di pedalaman.

Baca juga: Peneliti Menemukan Air Tertua di Bumi yang Berusia Miliaran Tahun, Bagaimana Rasanya?

Penyebab orang Alaska tidak makan ikan

Dalam penelitiannya, Potter dan rekannya menunjukkan bahwa selama seribu tahun pertama, orang Beringia hanya berburu bison, rusa, dan hewan besar lainnya.

Para arkelog berpendapat mungkin orang Beringia purba lebih menyukai daging. Namun, Potter menjelaskan, bahwa preferensi bukanlah masalahnya.

Masalah utamanya adalah iklim, karena "kesenjangan ikan" bertepatan dengan periode yang sangat dingin yang disebut Dryas Muda.

Zaman Es terakhir mencapai puncaknya sekitar 26.000 tahun yang lalu di mana suhu di dunia kemudian mulai menghangat.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com