Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Persahabatan Penyelam dan Ikan Berwajah Mirip Manusia Selama 30 Tahun

Kompas.com - 27/05/2023, 20:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video yang menunjukkan seorang penyelam tengah diganggu ikan besar berwajah seram viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah pemilik akun ini pada Jumat (26/5/2023), terlihat seorang penyelam sedang memecah hewan teritip yang kemudian dilemparkan ke ikan tersebut.

Hingga Sabtu 27/5/2023), video tersebut sudah tayang sebanyak 24,6 juta kali, disukai 68.000 akun Twitter, dan dibagikan 8.458 kali.

Menurut Mens Journal, ikan dalam video tersebut merupakan ikan jenis Asian sheepshead wrasse atau juga dikenal sebagai kobudai.

Memiliki wajah seperti manusia yang menyeramkan dengan dahi menonjol dan gigi tajam, seekor ikan kobudai ternyata pernah bersahabat dengan seorang penyelam selama 30 tahun.

Baca juga: Mengenal Coelacanth, Ikan Purba yang Masih Hidup di Perairan Indonesia


Persahabatan ikan dan manusia

Dikutip dari Good News Network, ikan kobudai bernama Yoriko pertama kali bertemu penyelam scuba asal Jepang Hiroyuki Arakawa sekitar 30 tahun yang lalu.

Saat itu, Hiroyuki tengah mengawasi pembangunan gerbang sebuah kuil agama Shinto yang berada di bawah air di Teluk Tateyama, Perfektur Chiba, Jepang.

Pria yang juga bekerja sebagai pemandu wisata dan pemilik toko selam itu bertemu dengan ikan Yoriko dan menjadi sangat dekat.

Pada awal pertemuan mereka, Hiroyuki menemukan Yoriko dalam kondisi hampir mati karena mulutnya terluka dan tidak bisa makan.

Untuk menyelamatkannya, Hiroyuki memutuskan untuk memberi ikan tersebut makanan. Selama sepuluh hari, ia memberi Yoriko daging dari lima kepiting.

Untungnya, Yoriko segera sembuh dalam waktu cepat. Mulai saat itu, persahabatan Hiroyuki dan Yoriko terjalin.

"Saya tidak yakin apakah itu sifat kobudai atau bukan. Mungkin karena ada rasa percaya di antara kami,” kata Hiroyuki kepada Great Big Story.

"Saya kira dia tahu bahwa saya menyelamatkannya, bahwa saya membantu ketika dia terluka parah. Jadi bagi saya bisa melakukan itu, saya bangga," lanjutnya.

Seperti bersahabat dengan manusia

Tangkap layar potret ikan kobudai bernama Yoriko. (YouTube/Great Big Story)YouTube/Great Big Story Tangkap layar potret ikan kobudai bernama Yoriko. (YouTube/Great Big Story)
Sejak itu, penyelam kini berusia lebih dari 79 tahun itu menjadi sering menghabiskan waktu bersama Yoriko. Ikan tersebut juga tampak nyaman dengannya.

Dalam video yang sering Hiroyuki rekam, Yoriko bahkan sering membiarkan penyelam itu membelai tubuh dan mencium dahinya. Berbeda dengan ikan lain yang lari ketakutan saat melihat manusia.

Yoriko juga akan menyahuti panggilan Hiroyuki. Penyelam itu hanya perlu mengetukkan sepotong logam dengan palu di bawah air dan ikan itu akan muncul.

Pertama kali bertemu sekitar tahun 1990-an, saat ini persahabatan keduanya telah berlangsung selama lebih dari 30 tahun.

Bagi Hiroyuki Arakawa, ikan Yoriko terlihat seperti seorang sahabat manusia.

Ia menganggap wajah Yoriko sangat mirip orang kalau dilihat dari sudut tertentu dan dapat mengenali dirinya yang seorang manusia.

Baca juga: Viral, Unggahan Ikan Mirip dengan Karakter Flats di SpongeBob, Benarkah Ada?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com