Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumpangi Alphard Putih, Prabowo Tiba di Kediaman Jokowi

Kompas.com - 22/04/2023, 13:01 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto telah tiba di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (22/4/2023).

Kedatangan Prabowo ke Solo untuk bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menunaikan shalat Id di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta.

Pantauan Kompas.com, Prabowo bersama rombongan tiba di kediaman Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, sekitar pukul 11.55 WIB.

Ia menumpang Toyota Alphard putih, lalu setibanya di kediaman Jokowi langsung masuk tanpa memberikan keterangan kepada awak media.

Baca juga: Sejarah Istana Batu Tulis, Tempat Mega Umumkan Ganjar sebagai Capres PDI-P


Jokowi sudah agendakan bertemu Prabowo

Sebelumnya, Jokowi telah memastikan bahwa dirinya akan bertemu dengan Prabowo di Solo. Namun, Jokowi tidak mengungkapkan tujuan pertemuan antara dirinya dan Prabowo.

"Ketemu, ini nanti siang ketemu. Beliau mau ke rumah," kata Jokowi usai menunaikan shalat Id di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, pada Sabtu (22/4/2023), dikutip dari Kompas.com.

Pertemuan Jokowi dengan Prabowo berlangsung satu hari setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Jumat (21/4/2023) siang.

Ganjar dideklarasikan sebagai capres oleh Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Ganjar Resmi Jadi Capres PDI-P, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Diyakini Akan Bubar

Prabowo buka kemungkinan merapat ke PDI-P

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terlihat akrab dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesaat sebelum menghadiri pameran Hannover Messe 2023, Jerman, Minggu (16/4/2023) waktu setempat. Dokumentasi Partai Gerindra Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terlihat akrab dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesaat sebelum menghadiri pameran Hannover Messe 2023, Jerman, Minggu (16/4/2023) waktu setempat.

Sebelum bertemu dengan Jokowi, Prabowo mengutarakan niatnya merapat ke PDI-P setelah Ganjar dideklarasikan sebagai capres.

Pernyataan tersebut ia utarakan setelah melangsungkan shalat Id di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta, Sabtu pagi.

"Kita lihatlah, semua kemungkinan bisa politik itu," kata Prabowo dikutip dari Kompas.com.

Prabowo menambahkan bahwa kemungkinan merapat ke PDI-P harus bermanfaat untuk bangsa.

Baca juga: Soal Wacana Jadi Cawapres Ganjar, Prabowo: Partai Saya Mencalonkan Saya sebagai Capres

Ganjar Pranowo dampingi Jokowi shalat Id

Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan keterangan pers usai shalat Idul Fitri di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023).dok. Sekretariat Presiden Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan keterangan pers usai shalat Idul Fitri di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023).

Sebelum menggelar pertemuan dengan Prabowo, Jokowi didampingi Ganjar melangsungkan shalat Id di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com