Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Tangan Silikon Terjebak di Dalam Tubuh Pria, Bagaimana Bisa?

Kompas.com - 05/04/2023, 07:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan foto yang menampilkan silikon berbentuk tangan berada di dalam tubuh seorang pria, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun Twitter ini, Selasa (4/4/2023). Dalam gambar, sebuah "tangan" tampak melewati tulang ekor dan menembus hingga tulang rusuk.

"Silikon berbentuk tangan 'terjebak' di tubuh seorang pria dengan panjang 38x10cm dok," tulis pengunggah.

Dikutip dari laman Instagram @medicaltalks yang mengunggah gambar serupa, disebutkan bahwa benda asing tersebut masuk melalui anus.

Fenomena benda masuk dan terjebak di rektum sering terjadi, meski kebanyakan pasien bingung bagaimana benda ini bisa sampai ke sana.

Bukan hanya tangan silikon, beberapa obyek yang kerap masuk ke dalam anus dan terjebak dalam tubuh, antara lain sikat gigi, botol, sayuran, dan pegangan kapak.

Adapun hingga Selasa (4/4/2023), unggahan Twitter soal benda terjebak di dalam tubuh ini sudah dilihat lebih dari 1 juta kali dan disukai oleh lebih dari 9.750 pengguna.

Lantas, mengapa bisa ada benda asing "terjebak" di dalam tubuh?

Baca juga: Ramai soal Anak Terlahir Tanpa Anus dan Mengeluarkan Kotoran via Mulut, Ini Penjelasan Dokter


Penyebab dan bahaya masuknya benda melalui anus

Spesialis Bedah Digestif RSIA Anugerah Semarang, dr Barkah Fajar Riyadi mengatakan, kasus masuknya benda-benda di dalam tubuh melalui anus biasanya berkaitan dengan kelainan seksual.

"Itu tentang kelainan seksual ya. Sejenis dildo berbentuk tangan yang masuk melalui anus, masuk ke atas sampai dengan usus besar," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Namun demikian, kasus seperti dalam unggahan tak selalu soal kelainan seksual. Menurut Fajar, bisa juga karena sebuah kecelakaan.

Dia menceritakan, dirinya pernah menangani pasien perempuan berusia 5 tahun yang bagian anusnya tertusuk ranting pohon hingga menembus ke dalam dan mengenai usus besar.

"Pernah juga karena kecelakaan, anak-anak perempuan 5 tahun bermain dengan temannya kemudian jatuh menimpa patahan ranting pohon yang tajam," kata dia.

Untuk menangani kasus tersebut, Fajar pun melakukan operasi untuk mengambil patahan ranting dan mengalihkan pengeluaran feses dari dinding perut.

Dokter di RSIA Anugerah ini menegaskan, memasukkan benda-benda ke dalam anus merupakan tindakan yang sangat berbahaya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com