Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Hari Perempuan Internasional di Berbagai Penjuru Dunia

Kompas.com - 08/03/2023, 15:15 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat di seluruh dunia pada hari ini memperingati Hari Perempuan Internasional 2023.

Perayaan Hari Perempuan Internasional diadakan setiap tahun, tepatnya pada 8 Maret.

Dilansir dari situs PBB, tahun ini perayaan tersebut memiliki tema “DigitALL: Innovation and Technology for Gender Equality”.

Tema tersebut dipilih untuk menekankan pentingnya teknologi digital untuk mengangkat isu kesenjangan ekonomi, sosial, dan gender, terutama terhadap lingkungan yang belum melek teknologi.

Sementara itu, International Women's Day merayakan hari ini dengan mengadakan kampanye berjudul "Embrace Equity" atau "Merangkul Ekuitas"

Kampanye Hari Perempuan Internasional ini dilakukan untuk mendorong pembahasan bahwa kesetaraan tidak akan adil dan tidak akan cukup bagi semua orang.

Maksudnya, setiap orang pasti memiliki posisi berbeda. Hal ini membuat diskriminasi dan stereotip gender harus ditentang sementara kesetaraan dan inklusifitas terus diperjuangkan.

Sebagai salah satu perayaan internasional, Hari Perempuan Internasional dirayakan di berbagai negara dengan tradisi masing-masing.

Baca juga: Hari Perempuan Internasional 2023: Sejarah, Tema, hingga Promo Diskonnya 

Perayaan Hari Perempuan Internasional

Dirangkum dari Independent UK, berikut berbagai tradisi merayakan Hari Perempuan Internasional dari berbagai negara:

Amerika Serikat

Amerika merayakan Hari Perempuan Internasional sejak Februari 1980. Di AS, sepanjang Maret akan menjadi bulan yang identik dengan wanita.

Perayaan ini diawali dari presiden AS yang membacakan Proklamasi Presiden yang berisi pengakuan atas prestasi perempuan di negara tersebut.

Selanjutnya, dewan kota dan gubernur di negara bagian AS akan menyelenggarakan berbagai acara dan program khusus untuk memperjuangkan kesetaraan dan pemberdayaan perempuan.

Italia

Warga Italia menyebut perayaan ini dengan La Festa della Donna. Di hari tersebut, Italia akan dipenuhi bunga mimosa berwarna kuning. Bunga mimosa kuning merupakan simbol kekuatan dan kepekaan perempuan.

Setiap sudut jalan Italia akan memasang karangan bunga mimosa kuning. Orang-orang juga berbondong membeli dan memberikan bunga tersebut kepada para wanita.

Selain itu, warga setempat akan membuat kue bolu dari minuman jeruk serta krim di atasnya. Bentuk kue ini akan menyerupai bunga mimosa kuning.

Baca juga: Mengenal Sosok Maria Ulfah Soebadio, Menteri Perempuan Pertama Indonesia dan Pejuang Kaum Wanita

Clara Zetkin, pelopor Hari Perempuan Internasional. (Sumber: Kolase Wikipedia) Clara Zetkin, pelopor Hari Perempuan Internasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com