Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tradisi Peluncuran Perwira Remaja TNI AL, seperti Apa?

Kompas.com - 26/01/2023, 20:30 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tradisi peluncuran perwira remaja adalah upacara simbolis memohon doa restu untuk menunaikan tugas sebagai perwira TNI AL.

Sebelumnya, para perwira remaja telah menyelesaikan pendidikan sebagai taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) selama 4 tahun.

Berikut selengkapnya mengenai tradisi peluncuran perwira remaja TNI AL:

Baca juga: Mengenal Penghormatan yang Berlaku di TNI AL, Apa Saja?

Tradisi peluncuran perwira remaja TNI AL

Dilansir dari buku "Tradisi TNI Angkatan Laut" yang diterbitkan oleh Dinas Perawatan Personel TNI AL 2020, tradisi upacara ini dilaksanakan setelah upacara Prasetya Perwira (Praspa).

Praspa dilakukan bersama dengan rekannya mantan taruna Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian di istana Negara.

Tradisi peluncuran perwira remaja dilaksanakan sebelum para perwira remaja TNI AL berangkat menuju ke Komando Latih Armada II TNI AL untuk Korps Pelaut, Korps Teknik, Korps Elektronika, dan Korps Suplai.

Begitu pun Komando Latihan Marinir di Surabaya bagi Korps Marinir. Mereka harus mengikuti Kursus Perwira Remaja.

Upacara tradisi peluncuran perwira remaja dilaksanakan di Kampus AAL, Surabaya. Seluruh taruna yang akan dilantik menjadi perwira remaja harus hadir.

Begitu juga para dosen pelatih pengasuh dan taruna yang masih dalam pendidikan AAL.

Upacara tradisi ini juga melibatkan perwira-perwira dari kotama yang secara simbolis sebagai kakak asuh yang akan menerima adik asuh di dalam kediansan.

Baca juga:

Tujuan tradisi peluncuran perwira remaja TNI AL

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melantik 267 perwira prajurit karier di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (21/7/2022).(Dispenal) Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melantik 267 perwira prajurit karier di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (21/7/2022).
Upacara tradisi ini memiliki maksud pemberian restu dari orang tua kepada anaknya dalam menempuh kedinasan.

Sementara itu, tujuan kegiatan ini antara lain agar setiap perwira remaja menyadari bahwa tanpa restu dari orang tua, segala kegiatan yang dilakukannya akan menjadi sia-sia dan dapat membawa celaka bagi dirinya maupun orang lain.

Selain itu, upacara tradisi ini juga ditujukan  agar perwira remaja menjadikan kegiatan tradisi ini sebagai langkah awal dalam menjalankan tugasnya sebagai perwira TNI AL yang siap ditugaskan di mana saja.

Perwira remaja diharapkan menjadi bangga sebagai seorang perwira TN Angkatan laut dalam menyongsong tugas yang akan datang. 

Baca juga: Mengenal Lagu Kebesaran dan Yel-yel Korps Marinir TNI AL, seperti Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com