Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bawang Putih Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Kompas.com - 04/01/2023, 11:05 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa studi menyimpulkan bahwa bawang putih bisa efektif menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Dilansir dari Medical News Today (22/12/2022), senyawa dan nutrisi pada bawang bisa menurunkan kolesterol dengan efek samping yang sangat ringan, hampir tidak ada.

Meski begitu, beberapa peneliti mengatakan bahwa keampuhan bawang putih dalam menurunkan kolesterol ini ternyata sangat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Apakah bawang putih bisa menurunkan kolesterol?

Masih dari sumber yang sama, penelitian mengenai kegunaan bawang putih untuk menurunkan kolesterol sudah dilakukan berulang kali.

Di kelompok pertama, beberapa peneliti menyatakan bahwa bawang putih efektif menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Namun di kelompok kedua, beberapa peneliti menyatakan bahwa mereka tak menemukan efek signifikan pada pengonsumsian bawang putih untuk menurunkan tingginya kolesterol tubuh.

Kelompok kedua sampai pada kesimpulan bahwa bisa jadi efek yang muncul tergantung dari jenis bawang putih, cara pengolahan, dan pengonsumsian bawang yang ada.

Umbi bawang putih mentah mengandung zat yang disebut alliin. Alliin berubah menjadi senyawa berbasis belerang yang disebut allicin saat terkena udara. 

Baca juga: Sering Tak Disadari, Ini Tanda dan Gejala Anda Mengidap Kolesterol Tinggi

Studi telah mengaitkan allicin dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mereduksi level kolesterol jahat (LDL), meningkatkan imunitas, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang putih mentah disebut yang paling cepat menurunkan kolesterol tinggi, meski efeknya hanya bertahan beberapa saat saja.UNSPLASH/ARTEM BELIAIKIN Bawang putih mentah disebut yang paling cepat menurunkan kolesterol tinggi, meski efeknya hanya bertahan beberapa saat saja.
Dari sini disimpulkan, cara pengolahan dan pengonsumsian bawang putih, membawa perbedaan efek pada penggunaan bawang putih untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Meski begitu, pengonsumsian bawang putih dengan cara yang tepat sekali pun, tak bisa digunakan sebagai langkah tunggal penanganan kolesterol tinggi, dilansir dari Verywellhealth.

Meskipun bawang putih bisa menurunkan kolesterol 6 hingga 9 persen, namun pasien kolesterol tinggi tetap membutuhkan penanganan medis.

Karena beberapa penelitian menyebutkan, efek bawang putih pada kolesterol jahat ini tak bertahan lama.

Peneliti menekankan, bawang putih tak bisa dijadikan obat utama penurun kolesterol. Bawang putih hanya bisa dijadikan komponen pendukung dalam pengobatan kolesterol tinggi.

Baca juga: Sederet Ramuan Teh yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Jenis bawang putih untuk menurunkan kolesterol

Suplemen bawang putih disebut paling efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.jcomp/ Freepik Suplemen bawang putih disebut paling efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.
Bawang putih ada dalam berbagai bentuk, dari segar, bubuk, minyak, ekstrak, beku-kering, dan berbagai suplemen makanan.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com