Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pengendara Motor Terobos dan Tabrak Palang Perlintasan Kereta hingga Terjatuh, Ini Kata KAI

Kompas.com - 30/12/2022, 18:15 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan pengendara motor menerobos dan menabrak palang perlintasan kereta api yang sedang menutup, viral di media sosial.

Video itu salah satunya diunggah akun Instagram ini, Kamis (29/12/2022).

Dalam video yang beredar, seorang perempuan terlihat mengendarai sepeda motornya dengan kecepatan tinggi mengabaikan palang pintu perlintasan yang sudah mulai menutup.

Tak berselang lama, pintu palang perlintasan kereta api sudah menutup bagian jalan. Namun, pengendara motor itu tetap nekat untuk menerobos.

Belum sampai ujung jalan, pengendara itu sudah terpental akibat terkena ujung palang yang sudah melintang. Perempuan itu pun terjatuh bersama motornya.

"Kalau palang pintu perlintasan kereta api sudah menutup, jangan berani-beraninya menerobos, ya," demikian keterangan yang dituliskan pengunggah.

Disebutkan bahwa lokasi kejadian di perlintasan kereta api Jalan KS Tubun, Tegal, Jawa Tengah.

Lantas, bagaimana penjelasan PT Kereta Api Indonesia (KAI)?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MEMOMEDSOS (@memomedsos)

Baca juga: Viral, Twit Penumpang Kehilangan Makanan di KA Taksaka, Ini Kronologi dan Respons KAI

KAI prihatin

Saat dikonfirmasi, Manajer Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang, Ixfan Hendriwintoko membenarkan adanya kejadian pengendara yang terjatuh setelah menerobos pintu perlintasan kereta api.

Ixfan juga membenarkan bahwa kejadian itu terjadi di palang pintu perlintasan KS Tubun, Tegal, Jawa Tengah.

"Dengan kejadian di wilayah Tegal, Jalan KS Tubun, kami sangat prihatin terlihat pengguna jalan telah mengetahui bahwa akan ada KA lewat petugas sudah membunyikan sirine dan palang pintu sudah berangsur menutup agar perjalanan KA berjalan lancar, tapi pengguna jalan tetap menerobos," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (30/12/2022).

Ixfan mengimbau kepada seluruh pengguna jalan yang melintasi palang pintu perlintasan kereta api agar berperilaku disiplin.

Menurutnya, kecelakaan yang terjadi di pintu perlintasan, baik perlintasan resmi maupun tidak resmi di ruang manfaat jalur kereta api, disebabkan oleh pengguna jalan masih tidak disiplin.

"Tidak disiplinnya pengguna jalan tercermin dari kasus penyebab kecelakaan seperti membuka perlintasan liar atau tidak resmi, melanggar pintu yang sudah tertutup atau kurang hati-hati dan kurang waspada," kata Ixfan.

Selanjutnya, tambah dia, melanggar atau tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, pengendara tidak melihat kanan-kiri, adanya hewan ternak peliharaan yang tidak dijaga oleh pemiliknya, serta masyarakat berada di ruang manfaat jalur kereta api.

Baca juga: Viral, Video Tangan Penumpang Terjepit Celah Jendela KRL, Ini Penjelasan KAI Commuter

Pihak berwajib diharap dapat menindak tegas

Lebih lanjut, Ixfan mengimbau kepada pihak berwajib agar melakukan tindakan tegas bagi para pengguna jalan yang nekat menerobos palang pintu perlintasan.

"Agar kejadian tersebut tidak terulang kembali kami mengimbau kepada pihak berwajib untuk melakukan tidakan tegas bagi para pengguna jalan yang sembrono melanggar menerobos palang pintu perlintasan yang telah ditutup," tandasnya.

Baca juga: Viral, Video Warga Pergoki Anak-anak Diduga Taruh Batu di Rel Kereta Api, Ini Kata KAI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com