Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

3 Podcast Berita yang Wajib Kamu Dengerin

Kompas.com - 10/09/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Sebelum internet muncul, orang perlu menyalakan televisi atau membaca koran untuk mengetahui berita terkini. Sekarang, arus informasi menjadi lebih cepat berkat bantuan internet.

Kamu bisa mengakses puluhan berita, baik teks maupun video, hanya dalam hitungan detik. Hal ini berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga membuat manusia terus berinovasi menciptakan media baru.

Salah satu media tersebut adalah podcast. Podcast adalah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui gawai masing-masing.

Di dalamnya, terdapat berbagai macam genre dan topik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pendengarnya, mulai dari audio drama hingga talkshow inspiratif. Namun, apakah kamu tahu bahwa kamu juga bisa menyimak berita melalui podcast?

Jangan salah, sekarang ini, banyak sekali podcast yang menghadirkan berita secara singkat, padat, namun tetap informatif dengan ciri khasnya masing-masing.

Agar kamu bisa tetap terbarui dengan informasi terkini, ada tiga rekomendasi podcast berita yang bisa kamu dengarkan.

1. 3 MINUTE UPDATE

Podcast yang dipersembahkan oleh Medio Podcast Network ini mengangkat berita yang sedang ramai dibicarakan di dunia hiburan tanah air atau mancanegara.

Baca juga: Cara Tetap Relevan di Tengah Perubahan

Setiap episode dari podcast 3 MINUTE UPDATE dirangkum secara padat dan substansial dengan durasi tidak lebih dari tiga menit. Itu sebabnya, orang-orang dengan mobilitas tinggi akan menyukai podcast yang episodenya dirilis setiap hari ini.

<iframe style="border-radius:12px" src="https://open.spotify.com/embed/episode/1en9sU7hZiwVpGGhpLhoQL?utm_source=generator" width="100%" height="352" frameBorder="0" allowfullscreen="" allow="autoplay; clipboard-write; encrypted-media; fullscreen; picture-in-picture" loading="lazy"></iframe>

2. Bung2Bung

Berbeda dengan kanal berita pada umumnya, pewarta dalam podcast ini tidak hanya membacakan isi beritanya saja, melainkan juga menimpalinya dengan komentar dan kritik sosial yang menyentil serta humor yang menggelitik.

Podcast yang episodenya dirilis setiap pekan ini dipandu oleh duo Bung Ran dan Bung Rin yang legendaris dalam dunia podcast Indonesia.

3. Listen Up! by Catch Me Up!

Kanal podcast ini berisi rangkuman berita terkini yang bukan hanya dikemas secara ringan dan kekinian, tetapi juga menyajikan ulasan berbobot yang relevan dengan konteks pembahasan.

Itu sebabnya, podcast yang tayang tiap dua kali seminggu ini cocok didengarkan oleh kawula muda yang lebih menyukai informasi cepat dengan gaya kasual.

Itu dia tiga rekomendasi podcast berita yang bisa kamu dengarkan. Keunikan yang dihadirkan ketiganya bisa menjadi pilihan agar disesuaikan sesuai preferensimu.

Baca juga: Ciptakan Personal Branding agar Bisnis Trending

Kalau kamu ingin cari referensi podcast yang lain, kamu juga bisa mengunjungi laman Portcast Indonesia @portcast.id di Instagram. Nantinya, Portcast akan mengenalkanmu dengan podcast-podcast yang seru dan berkualitas.

Dengarkan pula beragam informasi menarik lainnya lewat kanal podcast milik Medio Podcast Network. Medio sendiri memiliki 14 kanal podcast dengan topik yang bisa menyesuaikan kebutuhanmu.

Akses sekarang juga selengkapnya melalui tautan berikut linktr.ee/SiniarMedio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com