Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus SNMPTN 2022 Belum Tentu Diterima di PTN, Ini Penjelasan LTMPT

Kompas.com - 29/03/2022, 16:01 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini menjadi hari yang sangat penting bagi para lulusan SMA/sederajat yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Pasalnya, pengumuman SNMPTN 2022 dilaksanakan serentak pada Selasa, 29 Maret 2022, pukul 15.00 WIB.

Peserta harus menyimak pengumuman melalui pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id maupun 31 laman mirror lainnya.

Jika lulus SNMPTN 2022, maka akan ada pernyataan selamat di akun peserta.

Akan tetapi lulus SNMPTN saja belum tentu diterima di perguruan tinggi. Bagaimana penjelasannya?

Baca juga: Link Pengumuman Hasil SNMPTN 2022, Cek Pukul 15.00 WIB!

Penjelasan LTMPT

LTMPT melalui keterangan tertulis menyatakan bahwa peserta yang lulus seleksi jalur SNMPTN 2022 akan dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bersangkutan dengan syarat memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Lolos verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli) serta menunjukkan ijazah atau surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli dan persyaratan lain, yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.
  2. Bagi Peserta KIP Kuliah harus lolos verifikasi data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.

Ketua LTMPT Prof Mochamad Ashari menjelaskan, bagi yang lulus SNMPTN 2022 masih ada hal-hal yang harus dilakukan sebelum dinyatakan diterima di perguruan tinggi tujuan.

"Jadi masih akan dilakukan verifikasi oleh perguruan tinggi masing-masing," kata Ashari, dalam konferensi pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SNMPTN Tahun 2022, disiarkan di Youtube LTMPT, Selasa (29/3/2022),

Lalu, peserta yang lulus SNMPTN 2022 juga harus registrasi di perguruan tinggi tujuan. Jika tidak registrasi dianggap mengundurkan diri dari SNMPTN 2022.

Selain itu, dia mengingatkan bagi yang sudah diterima lewat jalur SNMPTN 2022 secara otomatis tidak bisa mendaftar UTBK 2022.

"Jangan lupa registrasi. Karena kalau tidak registrasi akan ada konsekuensi berat, karena Anda tidak bisa mengikuti UTBK secara sistem," tutur Ashari.

Adapun jadwal registrasi diatur lebih lanjut oleh perguruan tinggi masing-masing.

Baca juga: Ini Ciri atau Tanda Peserta Lulus SNMPTN 2022

Imbauan LTMPT

Oleh karena itu, Ashari mengimbau para peserta yang lulus SNMPTN 2022 untuk membaca peraturan tentang penerimaan mahasiswa baru di laman PTN tujuan.

"Silakan Anda membaca peraturan tentang penerimaan mahasiswa baru di laman PTN tujuan," kata Ashari.

Dia mengatakan bagi yang tidak lulus pada SNMPTN 2022, diimbau untuk tidak bersedih hati, karena kesempatan masih banyak.

Masih ada seleksi melalui UTBK-SBMPTN dan juga seleksi mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com