Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Pemilik NPWP yang Pengangguran Apakah Harus Lapor SPT | Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Usia 40 Tahun

Kompas.com - 07/03/2022, 05:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sepanjang Minggu (6/3/2022) hingga Senin (7/6/2022) pagi, ada sejumlah berita yang paling populer di laman Tren.

Yang pertama, adalah soal kewajiban pemilik NPWP yang pengangguran atau tak memiliki pekerjaan terkait kewajibannya lapor SPT tahunan.

Ternyata menurut DJP, pemilik NPWP yang tak memiliki pekerjaan ini bisa tak wajib lapor SPT tahunan asal mengajukan syarat permohonan sebagai Wajib Pajak Non-Efektif.

Tema lain yang menarik minat masyarakat adalah tentang olahraga yang tepat untuk usia 40 tahun ke atas, yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini berita terpopuler Tren sepanjang Minggu (6/3/2022) hingga Senin (7/3/2022) pagi:

1. Kewajiban lapor SPT bagi pemilik NPWP yang pengangguran

Wajib Pajak yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib melakukan lapor SPT Tahunan.

Namun Wajib Pajak yang menganggur dan tidak berpenghasilan, bisa tidak wajib melakukan lapor SPT Tahunan.

Dilansir dari laman DJP, Wajib Pajak yang statusnya tak memiliki pekerjaan bisa tidak melakukan pelaporan SPT Tahunan dengan mengajukan permohonan sebagai Wajib Pajak Non-Efektif.

Hal yang sama juga berlaku bagi Wajib Pajak yang memiliki penghasilan di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Batas PTKP yang dimaksud di sini adalah Rp 4,5 juta per bulan untuk Wajib Pajak orang pribadi baik yang masih lajang maupun sudah kawin. 

Untuk cara permohonan sebagai Wajib Pajak Non-Efektif, bisa disimak selengkapnya di artikel ini:

Punya NPWP tapi Pengangguran, Apakah Harus Lapor SPT?

2. Olahraga untuk menurunkan berat badan usia 40 tahun ke atas

Banyak pemilik usia 40 tahun ke atas berkeinginan menurunkan berat badannya. Namun, pemilik usia di atas kepala 40 tahun ini harus tepat memilih olahraga agar diet bisa efektif.

Dilansir dari Healthline, penyebab berat badan susah turun di usia 40 tahun ke atas adalah karena metabolisme tubuh yang kian melambat seiring pertambahan usia. 

Nah, salah satu jenis olahraga yang bisa digunakan usia 40 tahun ke atas menurunkan berat badan adalah olahraga kardio dan plank.

Latihan kardio adalah jenis olahraga untuk meningkatkan kekuatan otot jantung dan menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat. Sedangkan plank dapat membantu mengatasi sakit punggung yang umum dialami usia 40 tahun ke atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com