Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Ular di Atas Kabin Penumpang, Pesawat AirAsia di Malaysia Mendarat Darurat

Kompas.com - 13/02/2022, 15:29 WIB
Rizal Setyo Nugroho

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan adanya ular di dalam pesawat AirAsia, viral di media sosial TikTok, Jumat (11/2/2022).

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @edal8808.

"Kelihatan seekor ular dalam pesawat dlm penerbangan dari KL ke Tawau. Pesawat terpaksa emergency landing di AirPort Kuching," tulis keterangan video tersebut.

Hingga Minggu (13/2/2022) video tersebut telah ditonton sebanyak 2,5 juta kali, disukai 91.300 dan dikomentari 1.737 pengguna TikTok.

Baca juga: 5 Makanan dan Minuman yang Memperparah Batuk dan Pilek

@edal8808 Kelihatan seekor ular dalam pesawat dlm penerbangan dari KL ke Tawau. Pesawat terpaksa emergency landing di AirPort Kuching #fyp ? Suspense Music - Sound Collective

Penjelasan AirAsia

Dikutip dari CNA, kejadian ular dalam pesawat terjadi dalam penerbangan AirAsia dari Kuala Lumpur ke Tawau, Sabah pada Kamis, (10/2/2022).

Setelah adanya penemuan ular tersebut, pesawat melakukan pendaratan darurat dan lalu dialihkan.

AirAsia mengatakan bahwa segera setelah kapten penerbangan mengetahui kejadian tersebut, dia membuat keputusan untuk mengalihkan pesawat ke Kuching, Sarawak.

Ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan untuk mengasapi pesawat, kata maskapai ketika ditanya oleh CNA tentang apakah ada pengalihan penerbangan karena ular terlihat di pesawat.

Viral di media sosial

Klip video bayangan ular di dalam salah satu kompartemen di atas pesawat telah beredar di media sosial.

“Ini adalah insiden yang sangat langka yang dapat terjadi di pesawat mana pun dari waktu ke waktu,” kata Chief Safety Officer AirAsia Capt Liong Tien Ling dalam sebuah pernyataan email kepada CNA pada hari Jumat.

"Kapten mengambil tindakan yang tepat," kata Kapten Liong, menambahkan bahwa keselamatan dan kesejahteraan tamu dan kru mereka selalu menjadi prioritas utama mereka.

Meskipun pesawat mendarat darurat dan harus dialihkan, namun pihak AirAsia memastikan tidak ada penumpang yang luka-luka.

"Tidak ada risiko keselamatan tamu atau kru," katanya.

Baca juga: Covid-19 Bisa Memicu Disfungsi Ereksi, Berikut Penjelasan Dokter

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com