Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Covid-19

Kompas.com - 13/02/2022, 13:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Makanan dan minuman mengambil peranan penting bagi masa penyembuhan infeksi corona.

Menurut penelitian, asupan dalam makanan dan minuman bisa digunakan mempercepat penyembuhan Covid-19.

Ketika terinfeksi Covid-19 varian apapun termasuk Omicron, tubuh membutuhkan ekstra protein untuk memperbaiki kerusakan pada sel dan jaringan tisue tubuh.

Dilansir dari BBC, sistem imun terdiri dari organ, sel dan senyawa tubuh yang bekerjasama menyerang infeksi di dalam tubuh.

Selama infeksi terjadi, protein akan ditarik dari dalam otot dan dirombak menjadi asam amino.

Asam amino ini akan digunakan oleh sistem imun untuk membentuk protein baru khusus untuk memerangi infeksi. Hal ini seperti disampaikan oleh Philip Calder, profesor ahli nutrisi dan imunologi dari Universitas Southampton.

Inilah sebabnya, ketika kita tengah terkena infeksi termasuk infeksi varian Omicron, kita akan mengalami penurunan berat badan dan otot yang lemas.

"Jadi selama masa penyembuhan, tubuh butuh asupan protein ekstra agar sistem imun tubuh bisa bekerja maksimal. Terutama untuk mereka yang habis menjalani rawat inap di rumah sakit," ujar Calder.

Baca juga: Covid-19 Bisa Memicu Disfungsi Ereksi, Berikut Penjelasan Dokter

Nutrisi untuk masa penyembuhan virus corona

Sebuah studi digelar untuk mencari tahu asupan nutrisi apa saja yang diperlukan di masa penyembuhan Covid-19.

Dilansir dari Science Direct, penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa jenis makanan tertentu bisa mempercepat masa penyembuhan Covid-19.

Makanan sumber protein yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi salah satunya adalah telur.FREEPIK/TIMOLINA Makanan sumber protein yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi salah satunya adalah telur.
Dalam kesimpulan tersebut dinyatakan bahwa makanan dengan kadar protein dan lipid tinggi adalah yang bisa digunakan mempercepat penyembuhan. 

Sebaliknya, makanan dan minuman yang mengandung alkohol tinggi, adalah asupan yang harus dihindari karena bisa memperparah gejala Covid-19.

Menurut Profesor Calder, selain tubuh butuh protein tambahan untuk bisa menguatkan sistem imun, tubuh juga butuh ekstra karbohidrat mengingat sistem tubuh tengah bekerja ekstra daripada biasanya.

Lantas makanan apa saja yang baik bagi masa penyembuhan Covid-19?

1. Sumber protein

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com