Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal SPBU di Jakarta Disebut Tidak Menerima Pembayaran Tunai, Ini Kata Pertamina

Kompas.com - 18/12/2021, 15:25 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebut SPBU Pertamina di Jakarta sudah tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk pelanggan roda empat, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibagikan akun Facebook ini, Sabtu (18/12/2021).

Pengunggah mengetahui hal itu setelah melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU self service di wilayah Jakarta Selatan.

"Mbah mau nanya disini yg tinggal di jakarta buat roda empat di pertamina di Jakarta udah gak nerima uang tunai/cash yak ? Tadi gejil ngisi daerah pom bensin jl Fatmawati raya Jakarta Selatan self service sama bayar make app pertamina atau kartu kredit, e-money dan sejenisnya, mereka udah gak nerima uang tunai lagi mbah," demikian tulis pengunggah.

"Apa bakal semua di terapin begitu ? Kalo gejil liat untuk kendaraan bermotor masih nerima pembayaran tunai tapi self service. Gumana mbah di daerah sampeyan?," lanjut keterangan yang dituliskan pemilik akun.

Tangkapan layar pertanyaan soal pembayaran non tunai di SPBU Pertamina di Jakartascreenshoot Tangkapan layar pertanyaan soal pembayaran non tunai di SPBU Pertamina di Jakarta

Baca juga: Ramai soal Toilet di SPBU Jadi Ajang Pungli Kencing Bayar Rp 2.000, Ini Kata Pertamina

Lantas, benarkah SPBU Pertamina di Jakarta sudah tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk pelanggan roda empat?

Penjelasan Pertamina

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Irto Ginting mengatakan, SPBU yang dimaksud dalam unggahan tersebut adalah SPBU khusus cashless (non-tunai) self-service, dan hanya ada satu SPBU sebagai percontohan.

SPBU itu tepatnya adalah SPBU COCO 31.124.01 yang berlokasi di daerah Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Ini adalah SPBU percontohan yang bertujuan untuk mendorong penggunaan pembayaran cashless," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/12/2021) siang.

Irto menjelaskan, jalur cashless diberlakukan untuk jalur roda empat ke atas, sementara untuk konsumen roda dua masih bisa melakukan pembayaran secara tunai.

Adapun untuk SPBU lainnya, baik di Jakarta maupun di daerah lainnya, dia memastikan, tetap menerima pembayaran cash atau tunai.

"Di SPBU lain kita masih membuka opsi pemakaian cashless dan tunai. Sambil kita review tren pemanfaatan cashless oleh pelanggan," terang Irto.

Baca juga: Ramai soal Dilarang Pakai Ponsel di SPBU tetapi Ada Pembayaran Cashless via Ponsel, Ini Kata Pertamina

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com