Ramai soal Dilarang Pakai Ponsel di SPBU tetapi Ada Pembayaran Cashless via Ponsel, Ini Kata Pertamina

Kompas.com - 03/12/2021, 19:15 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina DOK. PertaminaIlustrasi SPBU Pertamina

KOMPAS.com - Ramai perbincangan unggahan soal pembayaran non tunai melalui aplikasi Pertamina. Padahal, ada larangan menggunakan ponsel di SPBU.

Unggahan itu dibagikan akun Facebook ini pada 2 Juli 2020.

"Kemaren beli bensin, petugas nya bilang ibu minggu depan bayarnya pake non tunai ya buat uji coba, pakek debit ta? Tanyaku, bukan bu tapi aplikasi Pertamina, oh jawab ku, karo mbatin nok pom bensin tulisane gak boleh pake HP terus piye lek transaksi. Mbuh wes cek di busek sek wes tulisan dilarang pakai HP di area pom bensin. Sing paham tolong bantu jawab aku hanya bertakon saja," tulis pemilik akun.

Seperti diketahui, biasanya, di SPBU kita menemukan rambu larangan menggunakan ponsel saat mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Namun, PT Pertamina (Persero) juga menggalakkan metode pembayaran non tunai atau cashless melalui ponsel untuk aplikasi MyPertamina.

Baca juga: Ramai soal Toilet di SPBU Jadi Ajang Pungli Kencing Bayar Rp 2.000, Ini Kata Pertamina

Bagaimana penjelasan Pertamina terkait hal tersebut?

Tanggapan Pertamina

Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial And Trading, Irto Ginting mengatakan, hal itu telah dijelaskan oleh PT Pertamina Patra Niaga melalui akun media sosialnya.

"Ada penjelasan di link ini (unggahan akun Instagram resmi PT Pertamina Patra Niaga), ya," ujar Irto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/12/2021) siang.

Menurut Pertamina, larangan penggunaan ponsel dan kamera saat mengisi BBM di SPBU tujuannya untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab dan dapat menimbulkan percikan api.

Untuk melakukan transaksi non tunai menggunakan ponsel, dapat dilakukan dalam jarak aman yakni sejauh 1,5 meter dari dispenser atau pompa bensin.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.