Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran, Ada Tambahan Materi Ujian UTBK 2022, Ini Materi Selengkapnya!

Kompas.com - 11/12/2021, 19:45 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menggelar sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2022.

Penerimaan mahasiswa baru 2022 akan dilakukan melalui 3 jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta jalur mandiri.

Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana LTMPT Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto dalam acara Sosialisasi Daring: Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022 yang disiarkan melalui Youtube, Sabtu (11/12/2021).

Secara umum, ketentuan penerimaan mahasiswa baru PTN 2022 sebagian besar sama seperti tahun 2021.

Baca juga: Sudah Dirilis, Ini Syarat Daftar SNMPTN 2022 bagi Siswa dan Sekolah

Hal yang berbeda dari tahun sebelumnya yakni terkait jadwal dan materi ujian UTBK-SBMPTN. UTBK merupakan Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Budi mengatakan, materi tes pada UTBK 2022 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Kompetensi Akademik.

Sebelumnya, Bahasa Inggris tidak diujikan.

"Materi tesnya ada tambahan materi. Jadi ada Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, Tes Kemampuan Akademik (TKA)," ujar Budi.

Berikut ini penjelasannya:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Materi Matematika Dasar.

2. Tes Bahasa Inggris

Tes ini mengukur kemampuan Bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Tes ini mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com