Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria 69 Tahun Bakar Gerbong Kereta Cepat Shinkansen di Jepang

Kompas.com - 08/11/2021, 21:44 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Aksi pembakaran gerbong kereta kembali terjadi di Jepang. Kali ini teror dilakukan oleh seorang pria tua bernama Kiyoshi Miyake (69). 

Dia menyalakan api di kereta Kyushu Shinkansen sedang dalam perjalanan dari stasiun Kumamoto ke stasiun Shin-Yatsushiro, Senin (8/11/2021) pagi sekitar pukul 08.40 waktu setempat. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dan korban luka-luka dari kejadian tersebut. Namun karena peristiwa ini kereta berhenti darurat saat perjalanan dari Hiroshima.

Baca juga: Saat Joker Tikam Belasan Penumpang dan Bakar Gerbong Kereta di Tokyo

Kronologi kejadian

Tangkapan layar berita penangkatan pelaku teror di kereta api Shinkansen Jepangscreenshoot Tangkapan layar berita penangkatan pelaku teror di kereta api Shinkansen Jepang

Dikutip dari JapanTimes (8/11/2021) kejadian bermula saat asap dilaporkan mengepul dari gerbong nomor tiga yang saat itu berisi sekitar 30 penumpang. 

Melansir dari laman NHK kebakaran tersebut memicu alarm darurat. Namun tak berselang lama api bisa segera dipadamkan setelah sebagian kursi terbakar.

Kereta selanjutnya berhenti di Stasiun Shin-Yatsushiro dan polisi yang segera datang lalu menangkap pelaku.

Menurut Polisi Prefektur Kumamoto, Miyake mengatakan pelaku pembakaran terinspirasi dari serangan kereta api Tokyo dan mencoba untuk menirunya.

Pelaku mengaku kepada polisi bahwa ia menyebarkan cairan ke lantai dan melemparkan kertas yang telah dia bakar dengan korek api.

Setelah memindahkan penumpang di gerbong nomor 3 ke gerbong lain, kereta tiba di tujuan akhir sekitar pukul 10.25 waktu setempat. 

Beberapa layanan Shinkansen dihentikan sementara, mengakibatkan penundaan hingga 50 menit dan berdampak pada 900 penumpang.

 

Pengakuan tersangka

Tersangka sedang melakukan perjalanan antara stasiun Kumamoto dan Shin-Yatsushiro dengan sekitar 140 penumpang di dalamnya ketika dia berusaha melakukan pembakaran sekitar pukul 08:45, kata polisi.

Pelaku yang tercatat sebagai warga Fukuoka, diduga memercikkan cairan yang mudah terbakar dan menggunakan korek api yang dibawanya untuk menyalakan api, menurut polisi.

Para petugas polisi yang mendapat laporan langsung berdatangan ke stasiun Shin-Yatsushiro. Sekitar 10 orang langsung menyerbu masuk gerbong nomor 3 untuk mengamankan pelaku tersebut yang tetap duduk saja tanpa perlawanan apa pun saat ditangkap polisi.

 

"Saya lihat kejadian di Keio Line ingin mencoba mengikutinya seperti itu," ungkap tersangka mengakui perbuatannya kepada polisi saat ditangkap.

Baca juga: Mengenal Paxlovid, Obat Buatan Pfizer Diklaim Ampuh untuk Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com