Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

INFOGRAFIK: Shopee Indonesia Bantu UMKM Masuk Rantai Pasok Global

Kompas.com - 18/08/2021, 13:35 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Langkah penguatan terhadap sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus didorong oleh Pemerintah.

Seperti diketahui, UMKM berperan besar terhadap perekonomian Indonesia. Sektor tersebut berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

Adapun kontribusi UMKM meliputi kemampuan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi.

Melalui data tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya untuk pelaku UMKM secara langsung dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR), Senin (16/8/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi Harapkan UMKM Indonesia Jadi Bagian Rantai Pasok Global

Ia ingin UMKM dapat masuk sebagai rantai pasok global dengan mengajak banyak pihak ikut mengupayakan.

Saat ini, menurutnya kapasitas produksi UMKM masih menjadi tantangan utama dalam mengembangkan ekspor. Padahal, mayoritas eksportir Indonesia merupakan pelaku UMKM.

Tercatat, 90 persen pelaku ekspor berasal dari sektor UMKM. Sayangnya, kontribusi ekspornya hanya sebesar 13 persen.

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar lembaga Dewan Penunjang Ekspor dihidupkan kembali. Ia meyakini, lembaga tersebut dapat membantu UMKM untuk masuk pasar ekspor dan meningkatkan kualitasnya.

Tak hanya itu, melansir pemberitaan Kompas.com, Selasa (17/8/2021), saat ini pemerintah telah melakukan upaya peningkatan kelas pengusaha melalui berbagai kemudahan untuk menumbuhkan UMKM.

Di antara upaya itu, ada pula kemitraan strategis dengan berbagai pihak dan perusahaan besar. Salah satu perusahaan yang ikut berkontribusi adalah Shopee Indonesia.

Kontribusi Shopee Indonesia

Infografik program Ekspor Shopee. Data diolah dari catatan internal Shopee.shopee Infografik program Ekspor Shopee. Data diolah dari catatan internal Shopee.
Untuk diketahui, Shopee telah membantu lebih dari 180.000 pelaku UMKM di Indonesia untuk melakukan ekspor produk ke berbagai negara di dunia, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Pada pertengahan 2021, Shopee juga telah membantu pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya hingga ke Brasil. Ini juga sejalan dengan tujuan ekspor pemerintah yang ingin meningkatkan perdagangan ke pasar non-tradisional.

Baca juga: Melalui Program Ekspor Shopee, Roughneck 1991 Jangkau Pasar di Brasil

Berdasarkan data Shopee Indonesia, tercatat ada sekitar 50.000 produk UMKM Indonesia yang terjual setiap harinya melalui program Ekspor Shopee.

Adapun produk lokal karya UMKM Indonesia tersebut berasal dari produk fesyen dan busana muslim.

Shopee Indonesia merekam performa UMKM dan peluangnya di pasar mancenegara lewat aktivitas program Ekspor Shopee. Lengkapnya, ada di infografis seperti di samping.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com