Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Merawat Kulit Wajah di Rumah dari Dokter Spesialis Kulit

Kompas.com - 03/10/2020, 08:15 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 berlangsung, semua orang diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah demi mengurangi risiko tertular virus corona.

Terutama kegiatan-kegiatan yang memiliki potensi penularan tinggi, seperti yang melibatkan kerumunan juga kontak fisik secara langsung.

Pergi ke salon atau klinik kecantikan untuk melakukan perawatan tentu masuk dalam kondisi tersebut.

Karena melibatkan interaksi fisik secara langsung dan dekat antara klien dengan orang yang memberikan perawatan, baik dokter, maupun petugas salon.

Tapi tenang, ternyata kita masih bisa tetap melakukan perawatan wajah secara mandiri di rumah dan tetap menjaga kulit wajah kita terawat.

Baca juga: Cara Merawat Kulit agar Tampak Lebih Muda

Dokter spesialis kulit dari Siloam Hospitals TB Simatupang, dr. Edwin Tanihaha, SpKK memberikan tipsnya untuk Anda agar kulit tetap sehat, lembab, dan terawat selama di rumah. 

Setidaknya ada 5 tahapan yang bisa dilakukan untuk perawatan wajah mandiri di rumah. Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan wajah

Pertama yang wajib dilakukan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu, agar proses yang selanjutnya bisa berjalan optimal.

Edwin menjelaskan bagaimana cara membersihkan wajah tergantung pada kondisi wajah itu sendiri, apakah dalam kondisi dengan riasan atau tanpa riasan.

"Apabila tidak menggunakan make up, maka wajah dapat dibersihkan dengan sabun dan air," kata Edwin, Minggu (27/9/2020).

"Namun, bila sedang menggunakan make up, maka make up dapat dibersihkan dengan cleansing oil/milk dulu, kemudian penggunaan sabun dengan air, lalu toner dengan kapas, sampai kapas benar-benar bersih tidak ada bekas make up," lanjutnya.

Baca juga: Dokter Kulit Kardashian Berbagi Tips Merawat Kulit Selama Masa Isolasi

2. Buka pori-pori kulit

Tahapan kedua adalah membuka pori-pori kulit agar memudahkan membersihkan komedo atau kotoran yang ada di sela-sela kecil tersebut.

Apabila dilakukan di klinik atau salon kecantikan, proses ini biasa menggunakan alat uap atau steam. Tujuannya agar pori-pori lebih terbuka dan komedo mudah diangkat, tidak hanya itu krim atau serum yang diberikan pun lebih mudah meresap dan terserap kulit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com