Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INFOGRAFIK: Klasifikasi Masker Kain Ber-SNI

Kompas.com - 02/10/2020, 08:31 WIB
Akbar Bhayu Tamtomo,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Standarisasi Nasional (BSN) baru-baru ini mengeluarkan spesifikasi masker kain ber-SNI yang terbagi menjadi tiga tipe berdasarkan penggunaannya.

Tiga tipe tersebut yakni, Tipe A untuk penggunaan umum, Tipe B untuk penggunaan filtrasi bakteri, dan Tipe C untuk penggunaan filtrasi partikel.

Aturan soal masker ber-SNI tersebut tertuang dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) 8914:2020 Tekstil-Masker dari kain. Penetapan ini berdasarkan Keputusan Kepala BSN Nomor 408/KEP/BSN/9/2020.

Melansir Antara (29/9/2020), perumusan SNI masker kain tersebut ditujukan guna menjaga kualitas dan menlindungi masyarakat secara optimal dari penularan wabah Covid-19, mengingat masker kain kin menjadi alternatif di tengah terbatasnya masker medis.

Kemenperin melalui Komite Teknis SNI 59-01, Tekstil dan Produk Tekstil mengalokasikan anggaran guna menetapkan SNI masker dari kain dengan melibatkan seluruh pihak-pihak yang berkepentingan seperti akademisi, peneliti, alboratorium uji, Satgas Covid-10 industri produsen masker kain dalam negeri.

Baca juga: BSN Keluarkan 3 Klasifikasi Masker Kain Ber-SNI, Apa Saja?

Lebih lengkap soal klasifikasi masker kain dapat disimak di infografik erikut

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 3 Klasifikasi Masker Kain Ber-SNI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com