Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Sederhana soal Keampuhan Masker Mencegah Virus Corona

Kompas.com - 17/08/2020, 14:15 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemakaian masker wajah adalah salah satu cara yang direkomendasikan untuk mengurangi risiko penularan virus corona penyebab Covid-19.

Seperti diketahui, penyakit yang disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2 ini bisa menular melalui droplet, dan juga udara.

Oleh karena itu pemakaian masker menjadi salah satu cara pencegahan yang dianjurkan berbagai lembaga kesehatan.

Di antaranya seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular AS (CDC), dan juga Kementerian Kesehatan Indonesia.

Namun, masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami pentingnya memakai masker. Sebagian juga menganggap masker tidak berdampak untuk mencegah penularan.

Apakah benar demikian?

Berikut penjelasan ilmiah sederhana tentang efektifitas masker dalam mencegah penularan Covid-19 dilansir dari Healthline, Minggu (16/8/2020).

Baca juga: Simak, Ini Kriteria Ideal Masker Kain 3 Lapis Rekomendasi WHO

Melindungi dari droplet

Menurur Dr. MeiLan Han, pakar kesehatan di Universitas Michigan, AS, penularan virus corona terjadi melalui droplet yang dikeluarkan saat seseorang berbicara, bersin, atau batuk.

Jika droplet ini mengenai mulut atau hidung orang yang ada di sekitar, atau terhirup oleh paru-paru, seseorang dapat terinfeksi oleh virus corona.

Masker menjadi pelindung fisik yang berguna mencegah droplet masuk ke tubuh, dan mengurangi penyebarannya di udara.

Han mengatakan, pemakaian masker menjadi semakin penting sebab sebagian orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala, namun masih bisa menularkan virus ke orang sekitar.

Dia menyebut, hasil penelitian menemukan fakta bahwa pemakaian masker wajah bisa mengurangi penyebaran virus dari orang-orang yang tidak bergejala ini.

Jawaban soal keraguan efektivitas masker

Meski bukti-bukti ilmiah sejauh ini menunjukkan bahwa pemakaian masker memang benar-benar memberi manfaat, namun sebagian masyarakat masih meragukan efektivitasnya.

Dr. Vinisha Amin, dari University of Maryland Upper Chesapeake Health menjawab sejumlah keraguan tentang penggunaan masker, dan misinformasi yang beredar terkait masker.

1. Masker tidak tidak efektif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com