Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi Kesehatan Nasional China: Virus Corona Dapat Menular saat Periode Inkubasi

Kompas.com - 26/01/2020, 18:30 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) menyebutkan bahwa jenis virus corona yang baru dapat menular meskipun masih berada di dalam tahap inkubasi.

Tahap ini dapat berlangsung hingga 14 hari dan kecepatan dari penyebaran ini terus bertambah.

Mengutip South China Morning Post, Direktur NHC, Ma Xiaowei menyatakan bahwa pemahaman pihak berwenang tentang virus ini masih 'terbatas'. 

Selain itu, risiko yang ditimbulkan dari kemungkinan mutasi masih belum jelas diketahui.

"Wabah diperkirakan masih berlanjut untuk beberapa waktu ke depan," kata Ma.

Sejak wabah pertama kali dilaporkan pada bulan Desember, lebih dari 2.000 orang telah terinfeksi virus corona baru ini dan 56 di antaranya meninggal dunia.

Dapat menular saat tahap inkubasi

Ma mengungkapkan bahwa tidak seperti SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), virus corona jenis baru ini dapat menular selama periode inkubasinya.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC), periode inkubasi adalah waktu yang diperlukan dari paparan virus dan munculnya gejala pertama yang berkembang menjadi karakteristik dari suatu penyakit.

Ma juga mengulangi keterangan yang disampaikan dalam laporan sebelumnya, bahwa orang yang terinfeksi virus tersebut mungkin tidak segera menunjukkan gejala tertentu.

Menurut Ma, kondisi ini semakin mempersulit pihak berwenang untuk mengendalikan penyebaran dari virus corona ataupun mencegah infeksi lebih lanjut. 

Baca juga: Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona di Jambi Masuk ke Indonesia Awal Januari

Upaya pemerintah

Selain mengisolasi kota, pemerintah juga mengirimkan lebih banyak dokter dan perawat, serta pasokan medis ke Wuhan.

"Lebih dari 1.350 petugas medis telah tiba di kota untuk membantu memerangi epidemi. Sementara 1.000 lainnya akan menyusul," kata Ma. 

Selain mencari wilayah-wilayah kota yang terpapar oleh virus ini, pemerintah juga mengawasi situasi di kawasan pedesaan.

Ma mengungkapkan bahwa Beijing sadar akan adanya kekurangan pasokan medis. Untuk itu, pihak berwenang yang terkait pun berusaha untuk memenuhi kekurangan tersebut 'dengan cara apapun'.

Sementara itu, Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi, Wang Jiangping mengatakan pada konferensi pers bahwa China tengah mengupayakan berbagai cara, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, untuk memenuhi pasokan yang dibutuhkan.

Baca juga: Menyebar ke 13 Negara, Seberapa Mematikan Virus Corona?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com