Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buya Syafii: Kata Bu Ainun, Pak Habibie adalah Manusia Tersulit di Muka Bumi

Kompas.com - 12/09/2019, 06:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif turut menyampaikan duka mendalam atas kepergian Presiden ketiga RI, BJ Habibie, Rabu (11/9/2019).

"Kita semua berduka, seorang putera terbaik Indonesia telah wafat sekitar jam 18.03 hari ini. Inna lillahi wa inna ilahi raji'un," ujar Buya seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (11/9/2019).

Buya mempunyai kenangan tersendiri soal Habibie. Pernah suatu ketika, Habibie bercerita kepadanya tentang sosok Hasri Ainun (Ainun Habibie) yang telah duluan berpulang.

"Bu Ainun pernah mengatakan bahwa Pak Habibie adalah manusia tersulit di muka bumi. Tetapi sekiranya saya mati dan sempat hidup kembali, saya akan mencari Habibie lagi," kenangnya menirukan ucapan Habibie waktu itu.

Menurut Buya, ungkapan tersebut mempunyai makna dalam bagi Habibie dan tidak bisa dilupakan. "Selamat jalan Pak Habibie, kami semua menunggu giliran," pungkas dia.

Sebagaimana diberitakan, Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18.05 WIB.

Baca juga: BJ Habibie, Tak Mengenal Usia untuk Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com