BJ Habibie, Tak Mengenal Usia untuk Indonesia

Kompas.com - 11/09/2019, 20:07 WIB
BJ Habibie DOK. KEMENRISTEKDIKTIBJ Habibie


KOMPAS.com - Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie wafat di usia 83, Rabu (11/9/2019). Habibie mengembuskan nafas terakhirnya setelah menjalani perawatan sejak 1 September di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta

Sebelum dirawat di rumah sakit, Suami dari Ainun tersebut masih disibukkan dengan berbagai aktivitas, meski usianya tak lagi muda.

Habibie bahkan tak pernah merasa dirinya sudah menginjak usia lanjut.

Ia masih sempat mengisi orasi ilmiah di Balai Senat Universitas Indonesia pada 25 Juni 2019 lalu, sekaligus merayakan hari ulang tahunnya yang ke-83.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa meski sudah berusia 83 tahun, tetapi jiwanya masih seperti 38 tahun.

"Saya bilang, usia saya 83, tapi jiwanya 38," kata mantan Menteri Riset dan Teknologi ini," ujar Habibie seperti diberitakan Kompas.com (25/6/2019).

Tak hanya sekali itu saja, Habibie juga pernah menyatakan hal serupa pada kesempatan yang lain.

"Kalau saya ini sudah 82 tahun. Naik tangga aja susah. Tapi otaknya seperti masih usia 28 tahun," ujar Habibie pada pembukaan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang ke-23 tahun 2018 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau seperti dikutip dari Kompas.com (10/8/2019).

BJ Habibie selalu mengajak generasi muda untuk terus mengembangkan teknologi inovatif demi kemajuan Indonesia.

Baca juga: BJ Habibie Wafat, Wariskan Karya dari Kisah Cinta hingga Dirgantara

Generasi Muda

Selain itu, Habibie juga seringkali mengingatkan agar setiap orang menguasai kebudayaan dan pendidikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X