Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tragedi Munich 1958, Sejarah Kelam Manchester United

Kompas.com - 21/03/2022, 17:00 WIB
Gibran Aulia Muhammad,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanggal 6 Februari 1958 menjadi hari terkelam bagi klub sepak bola asal Inggris, Manchester United.

Pasalnya, pada hari itu, pesawat yang membawa rombongan Manchester United mengalami kecelakaan, yang kemudian dikenal sebagai Tragedi Munich 1958.

Tragedi ini menewaskan 23 orang dari 44 penumpang pesawat, termasuk delapan pemain Manchester United.

Baca juga: Tragedi Trisakti: Latar Belakang, Kronologi, dan Korban Penembakan

Kronologi Tragedi Munich 1958

Sebelum Tragedi Munich 1958 terjadi, Manchester United baru saja melakoni laga perempat final Liga Eropa (sekarang dikenal dengan Liga Champions) melawan Red Star Belgrade di Beograd, Serbia.

Dalam perjalanan pulang, rombongan Manchester United yang menaiki pesawat British European Airways, transit di Kota Munich, Jerman, untuk mengisi bahan bakar.

Kala itu, Munich baru saja dihantam badai salju. Setelah selesai mengisi bahan bakar, pilot yang bernama James Thain mencoba menerbangkan pesawat sebanyak dua kali, tetapi gagal karena masalah mesin.

Setelah percobaan kedua, cuaca semakin buruk dan badai salju semakin tebal. Alhasil, otoritas bandara Munich-Reim mengimbau pesawat melakukan lepas landas esok hari.

Namun, imbauan itu ditolak oleh Kapten James Thain, dengan alasan rombongan pesawatnya akan terlambat dari jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga: Sejarah Terciptanya Permainan Sepak Bola

Upaya lepas landas yang ketiga kalinya pun dilakukan, ketika salju semakin lebat dan landasan pacu sudah tertutup oleh salju dan lumpur.

Kondisi itu menghambat laju pesawat dan menyebabkan kecepatannya tidak cukup untuk melakukan lepas landas.

Akibatnya, pesawat British European Airways tergilincir dari landasan pacu, kemudian menabrak pagar pembatas dan meledak setelah menghantam salah satu gedung di sekitar bandara Munich-Reim.

Api dengan segera menyelimuti badan pesawat dan menjalar menuju gudang berisi ban dan bahan bakar, yang mengakibatkan ledakan hebat.

Pemain dan staff Manchester United yang menjadi korban dalam tragedi Munchen 1958Neil Fredrik Jensen Pemain dan staff Manchester United yang menjadi korban dalam tragedi Munchen 1958

Korban Tragedi Munich 1958

Akibat peristiwa tersebut, 20 orang dari total 44 penumpang tewas di tempat. Tiga lainnya sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi nyawa mereka tidak tertolong.

Sementara 21 penumpang lainnya selamat dan mengalami luka parah. Termasuk Matt Busby, pelatih Manchester United, yang mengalami cedera parah dan kritis selama beberapa minggu.

Baca juga: Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Populer di Dunia

Dari total 20 korban, delapan di antaranya adalah pemain Manchester United, yaitu:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com