Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Tokyo, Jepang Kerahkan Dokter Tentara

Kompas.com - 30/05/2021, 17:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Kyodonews

TOKYO, KOMPAS.com - Untuk membantu pelaksanaan Olimpiade dan Paralimpik Tokyo, pemerintah Jepang berencana mengerahkan dokter tentara dari Pasukan Bela Diri (SDF) Jepang.

"Kami juga mengerahkan para perawat dari militer," ucap Menteri Pertahanan Nobuo Kishi, pekan ini.

Rencana itu memang berkaitan dengan pelaksanaan pesta olahraga multicabang terbesar di dunia tersebut di tengah masih meluasnya pandemi Covid-19.

Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer berbasis mRNA. Kini vaksin Pfizer dapat disimpan di suhu kulkas biasa. FDA telah izinkan penggunaan vaksin mRNA ini pada anak-anak usia 12 tahun hingga 15 tahun.SHUTTERSTOCK/ lupmotion Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer berbasis mRNA. Kini vaksin Pfizer dapat disimpan di suhu kulkas biasa. FDA telah izinkan penggunaan vaksin mRNA ini pada anak-anak usia 12 tahun hingga 15 tahun.

Kishi mengakui bahwa penyelenggara Olimpiade dan Paralimpik Tokyo, Tokyo 2020, sudah mengirimkan permintaan tertulis mengenai hal tersebut.

Baca juga: FIBA 3x3 Kualifikasi Olimpiade Tokyo, Srikandi Indonesia Perkuat Pertahanan

Jelang dua bulan pelaksanaan Olimpiade Tokyo, pemerintah Jepang memang sudah menyertakan para dokter dan perawat dari SDF itu untuk membantu proses vaksinasi massal.

"Kami bakal bekerja sama sehingga bisa mendukung terlaksananya Olimpiade dan Paralimpik Tokyo," ucap Nobuo Kishi.

CEO Tokyo 2020 Seiko Hashimoto dalam data terkini mengatakan dalam satu hari perhelatan Olimpiade Tokyo, ada kebutuhan 230 dokter dan 310 perawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com